Home » A3 Wisata Militer di Kota Balikpapan

A3 Wisata Militer di Kota Balikpapan

Permainan airsoftgun belakangan mulai banyak diminati sejumlah kalangan. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Malang, permainan dan olah raga ini kini sudah digandrungi para remaja. Di Kalimantan Timur tak ketinggalan, bahkan sudah dioperasikan “Angkasa Airsoftgun Area” atau disingkat “A3” berlokasi di Jl.  Mulawarman Kompleks Lanud Balikpapan. Ini merupakan arena wisata militer pertama di kota Balikpapan bahkan di Kalimantan, yang perlu anda coba.

A3 menempati area seluas 8 hektare terdiri dari arena pertempuran darat, perang kota yang dilengkapi dua gedung seluas 800 meter persegi, hutan, dan pantai untuk pendaratan ampibhi. Medan peperangan juga dilengkapi penerangan untuk pertempuran malam hari.

Arena permainan airsoftgun ini dibuka untuk umum semua kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan dan para professional lainnya. Didukung dengan kondisi lingkungan yang sejuk dan rindang, menjadikan perempuan juga ikut tertarik dalam pertempuran atau skirmish.

Permainan ini bersenjatakan mainan (Airsoftgun) yang mirip dengan aslinya. Bahkan hampir seluruh bentuk dan jenis persenjataan personal di dunia kini sudah diproduksi dalam bentuk mainan Airsoftgun. Mulai dari jenis M16, Ak47, HK, MP5, berbagai jenis pistol dan senapan otomatis jenis Minimi pun juga sudah ada.

Bahkan belakangan ini juga telah diproduksi perlengkapan peperangan mainan lain, seperti bom asap, granat tangan dan juga ranjau darat. Persenjataan Airsoftgun ini menggunakan peluru berbahan butiran kecil yang biasa disebut BB.

Kini, Airsoftgun tidak hanya digunakan oleh para remaja yang cinta terhadap dunia militer, namun sebuah satuan di jajaran Kodam VI/Tpr pun kini sudah berlatih menggunakan Airssoftgun. Seperti yang kini sudah dilakukan Batalyon Raider 600, Kodam VI/Tanjungpura. Bahkan di beberapa negara barat, latihan pertempuran juga menggunakan Airsoftgun, seperti di Amerika dan Negara-negara di Eropa.

ATURAN PERMAINAN

Permainan peperangan menggunakan Airsoftgun membutuhkan sportivitas yang tinggi. Pasalnya, peluru (BB) yang dimuntahkan senjata mainan ini tidak memiliki indikasi. Ini berbeda dengan peperangan menggunakan Paint ball, yang berpelurukan butiran cat. Sehingga setiap pemain dalam sebuah pertempuran harus mengangkat tangan/senjata dan berteriak “HIT”, apabila terkena tembakan. Ini menunjukan bahwa orang yang bersangkutan telah tertembak dan harus keluar dari arena pertempuran.

Bagi pemain lain yang masih berjibaku dalam pertempuran juga dilarang keras untuk menembak korban yang sudah menyatakan “HIT”.

Selain itu, pada jarak sekitar 5 meter, antar pemain dilarang menembakkan Airsoftgunya kepada musuhnya. Hal ini untuk menghindari cedera. Sehingga cara lain yang digunakan untuk melumpuhkan musuh pada jarak 5 meter cukup menembak dengan kata “Dor”.

Informasi lebih lengkap, hubungi Office & Locations: Jl. Mulawarman Kompleks Lanud Balikpapan, Kaltim-Indonesia; Contact person: Joni (0542) 5600405-0811531194-081952590437 Email: lanud_airsoft@yahoo.com atau kunjungi website: www.angkasaairsoftgun.com

Check Also

Manggar Jadi Perkebunan dan Beternak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Calon wakil gubernur (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Safaruddin memprediksi, kawasan Manggar, Balikpapan Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *