Home » GerbangPublic » Tarif Parkir Tepi Jalan di Beberapa Kawasan Balikpapan Bakal Naik

Tarif Parkir Tepi Jalan di Beberapa Kawasan Balikpapan Bakal Naik

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com,—Dinas Perhubungan Kota Balikpapan akan menaikan tarif retribusi parkir
tepi jalan bagi kendaraan bermotor dari Rp2000,00 menjadi Rp3000,00.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sudirman Djayaleksana mengatakan untuk menaikan retribusi tarif parkir, pihak tengah mengajukan perubahan retribusi tariff parkir. “Kami naikkan dari Rp2000 ke Rp3000. Itu berlaku progresif perjam,” ungkapnya (25/11).

Menurut Sudirman Djayaleksana, yang naik ini bukan parkir di kawasan  seperti mall  karena itu masuk
pajak parkir, tetapi yang bakal naik adalah retribusi parkir di tepi jalan yang dikelola Dinas Perhubungan Kota Balikpapan.

Saat ini sedang dilakukan pendataan lokasi-lokasi yang merupakan potensi pemasukan daerah dari parkir. “Lokasi mana saja yang berpotensi itu lagi kita data baik yang dipungut sendiri maupun dengan pihak ketiga,” katanya.

Sudirman mengakui secara  kasat mata memang banyak lokasi parkir yang tidak dikelola dinas perhubungan kota melainkan masih dikelola secara tidak resmi atau liar oleh perorangan. Termasuk kawasan RSS Damai Tiga Jalan
Ruhui Rahayu yang dinilai memiliki potensi parkir cukup besar.

“Makanya sekarang kita lagi data ulang titik dan potensinya. Sementara yang paling potensi RSS Damai Ruhui Rahayu. Kita sudah cek 3-4 jam di daerah itu. Memang itu kan daerah masuk KTL (Kawasan Tertib Lalulintas, Red). Tetapi jam 4 sore sampai malam boleh parkir. Nah disitu akan kita coba,” jelasnya.

Menurutnya kawasan RSS Damai akan menjadi salah satu pilot projek penerapan retribusi parkir tepi jalan yang akan disesuaikan tarifnya
“Kan  titik-titik parkir itu ngak bisa langsung kita terapkan. Nanti kita coba pilot projeknya disitu,” tambahnya.
Pada tahun 2016 ini diakui Sudirman target yang ditetapkan pemerintah kota bersama DPRD untuk retribusi parkir meningkat tiga kali lipat yakni sebelumnya hanya Rp1,3 miliar tahun 2015 menjadi Rp5 miliar pada tahun depan. Target ini menjadi tanggungjawab Dishub kedepan. “ Ya kita coba liat kedepanya.yang penting kita berusaha,” katanya.(rif-gk)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.