Home » Gerbang TNI » Pos TNI AL Butuh Alat Ampung Operasional

Pos TNI AL Butuh Alat Ampung Operasional

Tana Paser (GERBANGKALTIM.COM) Pos TNI Angkatan Laut Tana Paser saat ini memerlukan sarana penunjang kegiatan patroli untuk menjangkau wilayah laut terjauh dari pantauan pos penjagaan.

“Wilayah laut Paser berkisar lebih kurang 20 Mil. Sedangkan saat ini kemampuan jangkauan unit ampung yang kami miliki hanya mampu menjangkau perairan 3 Mil saja” kata Komandan Pos TNI AL Tana Paser Lettu Suyadi di Tanah Grogot, Kamis.

Untuk bisa menjangkau wilayah hingga titik-titik terjauh, lanjut ia, pihaknya membutuhkan kapal jenis Sea Truck yang panjangnya berkisar 12 meter.

“Saat ini kami memiliki dua alat ampung jenis speedboat yang hanya bisa menjangkau perairan dengan tinggi ombak yang tidak terlalu tinggi”

“Dua alat ampung kami yaitu dua speedboat yang biasa kami pakai untuk patroli, tidak bisa menjangkau laut lepas seperti pulau balabalagan”

Terkait patroli untuk pemantauan terumbu karang di pulau Balabalagan, lanjut Suyadi, pihaknya harus menggelar patroli gabungan dengan perusahaan batu bara Kodeco.

“Seperti saat TNI Al melakukan penyelaman di perairan pulau balabalagan dalam rangka memantau kondisi terumbu karang di sana, kami harus menggelar patroli gabungan dengan perusahaan Kideco”

“Karena Kideco memiliki unit ampung jenis sea truck yang bisa melawan medan ombak yang cukup besar menuju perairan balabalagan”

Selain kendala sarana, ungkap Suyadi, persoalan keterbatasan bahan bakar juga menjadi kendala.

“Keterbatasan bahan bakar juga terkadang menjadi kendala operasional saat mau menggelar razia atau patroli” kata Suyadi.

“Saat patroli di Adang Bai dalam rangka pengontrolan keamanan muat batu bara di sana, terkadang kami mengalami keterbatasan bahan bakar”

Suryadi menerangkan, pihaknya pernah mengajukan bantuan sarana alat ampung kepada Pemerintah Kabupaten Paser, namun hingga saat ini bantuan tersebut belum terealisasi.

“Tahun lalu (2015), kami pernah mengajukan alat ampung kepada Pemkab Paser, namun hingga kini belum ada kabar” kata Suyadi.

Check Also

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *