Home » Batubara » 1000 Karyawan Paser Di PHK

1000 Karyawan Paser Di PHK

Tana Paser (GERBANGKALTIM.COM)Pada tahun 2016, sejumlah perusahaan batu bara di Kabupaten Paser akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Sekitar 1000 dari 25 ribu tenaga kerja tambang batu bara akan di-PHK pada tahun 2016” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Paser Sancoyo di Tanah Grogot, Kamis.

“Jumlah itu akan bertambah menyusul diberhentikannya para tenaga kerja kontrak dari sejumlah perusahaan batu bara”

Lebih kurang 1000 tenaga kerja yang di-PHK itu lanjut Sancoyo, adalah Tenaga Kerja Tetap atau karyawan tetap pada sejumlah perusahaan.

“Karyawan Tetap yang di-PHK, akan mendapat pesangon dari perusahaan mereka masing-masing” ujar Sancoyo.

“Sedangkan tenaga kerja kontrak, mereka yang memang sudah habis masa kontraknya”

Dari sejumlah perusahaan batu bara yang melakukan PHK, lanjut Sancoyo, terdapat 1 perusahan yang mem-PHK-kan cukup banyak tenaga kerjanya.

“Sekitar 200 tenaga kerja akan di-PHK Perusahaan Petrosa, salah satu Sub Kontraktor Perusahaan Kideco” kata Sancoyo.

Selain telah habis masa kontraknya, lanjut Sancoyo, pemutusan hubungan kerja untuk tenaga kerja kontrak merupakan hasil dari evaluasi kinerja yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan.

Para tenaga kerja, lanjut Sancoyo, mereka merupakan tenaga kerja informal, yang setiap tahunnya bisa mengalami pemutusan hubungan kerja.

“Saya berharap, para pencari kerja bisa memilih opsi untuk bersuara usaha sendiri, mengingat banyaknya PHK yang dilakukan sejumlah perusahaan” kata Sancoyo.

“Maka dari, Disnakertrans pun punya program pelatihan berwira usaha, sehingga para pencari kerja tidak melulu berharap bekerja di perusahaan”

Check Also

Polisi Turun ke Pasar, Inflasi Terjaga

CAPAIAN inflasi periode Lebaran 2017 atau Juni 2017 yang diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *