Home » GerbangNews » Paser Dapat Rp. 400 Juta Rehab Rumah

Paser Dapat Rp. 400 Juta Rehab Rumah

Tana Paser (GERBANGKALTIM.COM)Kabupaten Paser mendapatkan alokasi dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional Perubahan (APBN-P) sebesar Rp. 400 Juta diperuntukkan warga Paser yang memiliki rumah kategori tidak layak huni.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paser Amiruddin Ahmad mengatakan sebanyak 40 keluarga mendapatkan bantuan rehab rumah, dimana setiap keluarga masing-masing mendapatkan Rp. 10 Juta.

“Pemerintah melalui APBN-P 2015 mengalokasikan dana sebesar 400 juta dalam program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni atau RSRTLH” Kata Amiruddin Ahmad usai memberikan bantuan dn Tanah Grogot, Kamis.

Keempat puluh keluarga tersebut lanjut Amiruddin, berasal dari desa Sungai Tuak dan Desa Tepian Batang kecamatan Tanah Grogot.

“Sebanyak 30 keluarga berasal dari desa Sungai Tuak, dan selebihnya dari desa Tepian Batang Kecamatan Tanah Grogot” Kata Amiruddin.

Amiruddin menjelaskan, Rp. 10 juta bantuan tersebut diperuntukkan membeli bahan untuk perbaikan rumah. Pengerjaannya pun dengan sistem gotong royong setiap kelompok.

“Ada 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 10 keluarga. Mereka nantinya akan bekerja dengan gotong royong membantu memperbaiki rumah mereka satu sama lain” kata Amiruddin.

“Lama pengerjaannya adalah 30 hari. Mereka akan membuat surat penyataan bahwa uang yang mereka terima akan diperuntukkan merehab rumah mereka”

Bila tidak dikerjakan lanjut Amiruddin, mereka harus mengembalikan uang yang sudah diberikan.

Dalam pendataan sasaran bantuan ini, lanjut Amiruddin, pihaknya bekerja sama dengan Tim Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mulawarman.

“Ada 2 orang dari LPPM yang memverifikasi data keluarga bersama Kepala Desa, dan Tim Verifikasi Dinas Sosial. Darat yang valid kemudian diteruskan ke Kementerian Sosial di Jakarta” kata Amiruddin.

Pada tahun 2016 ini lanjut Amiruddin, Dinas Sosial telah mendata sejumlah warga dengan rumah yang masuk kategori tidak layak huni.

“Ada 210 keluarga Se-Kabupaten Paser yang mengajukan permohonan bantuan rehab rumah kepada Dinas Sosial” ujar Amiruddin.

“210 keluarga nanti akan kami survei dan akan dimasukkan dalam alokasi dana bantuan pada APBN 2016”

Amiruddin menambahkan, pada tahun 2016 terdapat sejumlah keluarga Dinas Sosial telah menampung 210 keluarga yang me bantuan rehab rumah

Antrean 210 rumah tangga. Apbd 2 rumah layak huni, sudah masuk

Check Also

PENJUAL IKAN BAKU TIKAM

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Dua penjual ikan di Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Baharuddin dan Mustamin, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *