Home » GerbangNews » 11 DAERAH TUNTUT KENAIKAN DBH
Salah satu sudut Kilang Pertamina Balikpapan.

11 DAERAH TUNTUT KENAIKAN DBH

Balikpapan, gerbangkaltim,- Sebelas daerah kota/kabupaten yang menuntut pembagian DBH migas yang ideal dengan alasan sebagai daerah pengolah,  sangat rentan dengan resiko bencana perminyakan.

Selain itu, daerah pengolah juga minta revisi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah. Setidaknya ada 11 daerah kota dan kabupaten yang menuntut pembagian DBH migas yang ideal, karena selama ini porsi 69,5 untuk pemerintah pusat dan 30,5 persen untuk daerah pengolah.

Forum Daerah Pengolah yang berdiri sejak tahun 2004, berjuang sampai ke DPR RI, hingga sampai membuat naskah akademik ITB untuk berjuang meminta sebuah keadilan.

Sebagai daerah pengolah,  sangat rentan dengan resiko seperti yang terjadi di Teluk Balikpapan,  kebakaran dan tumpahan minyak telah berdampak luas. Selain korban jiwa,  kerusakan lingkungan,  dampak sosial dan lainnya

Inisiasi Forum Daerah Pengolah, Neni Moerniaeni yang juga Walikota Bontang mengatakan,  sebagai daeran pengolah itu sangat luar biasa dampak degradasi lingkungan kesehatan dan lain sebagainya. Namun  ketika migas diolah dan dijual harganya melonjak tinggi,  sehingga daerah pengolah sudah sewajarnya mendapatkan porsi yang berbeda.

Selain itu, 11 daerah  ini juga telah meminta revisi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah. “Kabarnya sudah masuk prolegnas periode 2014-2019, namun hingga kini belum jelas,” kata Neni Moerniaeni. (hm)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *