Home » GerbangNews » 12 SD di Paser Laksanakan Lima Hari Kerja
Kasi Kurikulum SD Disdik Paser, Sukardi

12 SD di Paser Laksanakan Lima Hari Kerja

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Sebanyak 12 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Paser telah melaksanakan program lima hari kerja, sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017.

Kasi Kurikulum SD pada Dinas Pendidikan (Disdik) Paser Sukardi mengatakan, dari 221 SD yang ada di daerah itu, baru 12 sekolah yang telah menerapkan lima hari kerja.

“Dari 221 sekolah, baru 12 sekolah yang berada di Kecamatan Paser Belengkong yang telah menerapkan program lima hari kerja, kata Sukardi di Tanah Grogot,” Senin (18/9).

Program lima hari kerja kata Sukardi, merupakan program Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter.

Untuk menerapkan progam itu kata Sukardi, diperlukan beberapa persyaratan seperti sarana prasana yang mendukung serta telah melakukan sosialisasi dengan komite dan orangtua siswa.

“Syaratnya punya sarana dan prasarana yang mendukung seperti ruang kelas yang memadai, tempat ibadah, kantin, dan tenaga pendidik yang memadai,” ujar Sukardi.

Sosialisasi dengan komite dan orangtua terkait program itu kata Sukardi penting dilakukan di setiap sekolah, agar orangtua dapat mempersiapkan segala hal yang mendukung berjalannya program tersebut.

“Untuk program ini perlu sosialisasi dengan komite dan orangtua. Misalnya bagaimana memikirkan makan anak dan fasilitas lain yang menunjang kegiatan,” ujar Sukardi.

Disdik Paser kata Sukardi tidak mewajibkan setiap sekolah menerapkan Perpres tersebut.

“Yang penting yang sudah siap bisa menerapkan Perpres itu. Tidak diwajibkan,” ujar Sukardi.

Penguatan pendidikan karakter itu kata Sukardi seperti penguatan nilai keagamaan, interaksi siswa dengan sosialnya, sikap disiplin dan sebagainya.

“Program ini bukan berarti anak pulang sore. Karena enam hari kerja guru sudah dipangkas menjadi lima hari, paling tidak anak yang biasanya pulang 12.30, kini akan pulang 13.30,” pungkas Sukardi.(Jya)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.