Home » GerbangNews » 15.000 Pekerja RDMP Menumpuk di Balikpapan
Kilang Pertamina Balikpapan

15.000 Pekerja RDMP Menumpuk di Balikpapan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Diprediksi, sebanyak 15 ribu perkerja akan menumpuk di Kota balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim),  pada saat puncak pelaksanaan pembangunan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) atau Modifikasi Kilang Balikpapan.

Untuk itu, ditahun 2018, MP3, selaku kontraktor pelaksanaan proyek RDMP Kilang Pertamina akan melakukan MOU dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Pemprov Kaltim dan Pemkot Balikpapan untuk melaksanakan pelatihan bagi 5000 calon tenaga kerja lokal dalam proyek pengembangan kilang ini.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Balikpapan menyatakan, pada puncak pelaksanaan pembangunan proyek Modifikasi Kilang Balikpapan terjadi di tahun 2020. Pada saat puncaknya ini, maka sebanyak 14.800 sampai 15000 pekerja akan berada di lokasi proyek ini.

Sedangkan untuk tahun 2018, manjemen MP3 selaku Kontraktor Pelaksana Proyek RDMP Kilang Pertamina akan melakukan mou dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Pemprov Kaltim dan Pemkot Balikpapan, untuk melaksanakan pelatihan bagi sekitar 5000 calon tenaga kerja lokal dalam proyek pengembangan pabrik minyak dan gas ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan, Tirta Dewi, mengatakan pekerja di Balikpapan, harus memiliki kemampuan agar bisa turut serta dalam pekerjaan proyek pengembangan kilang ini. Untuk itu akan ada pelatihan yang diberikan.

“Jika tidak ada halangan, maka 29 desember 2017 akan dilakukan ground breaking oleh Presiden Jokowi yang menandai dilaksanakan mega proyek RDMP ini. Selain itu, pemkot juga meminta calon pekerja di Balikpapan untuk mempersiapkan diri agar bisa turut serta dalam pelaksanaan proyek ini,” kata Kadisnaker Tirta Dewi. (hm)

Check Also

Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sepanjang tahun 2017 lalu, Polda Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil mengungkap 38 kasus korupsi. Kasus ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *