Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » 16 Paskhas Terjun Bawa Buku Perjuangan Balikpapan
Penyerahan buku Perjuangan Balikpapan, saat peringatan HUT RI Ke-70 di Lapangan Merdeka.(foto: rif-GK)

16 Paskhas Terjun Bawa Buku Perjuangan Balikpapan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke 70 di lapangan Merdeka, Balikpapan berlangsung meriah. Ribuan  warga Balikpapan berdatangan memadati pinggir lapangan menyaksikan detik-detik pengibaran bendara pada pukul 10.00 Wita, Senin (17/8/2015).

Inspektur  Upacara dipimpin Walikota Rizal Effendi dan hadir undangan yang memenuh tenda putih mulai dari pejabat Forum Komunikasi pimpinan daerah, SKPD, anggota DPRD, mantan pejabat, LVRI, dan tamu-tamu undangan lain termasuk dirut Garuda dan PT Industri Nuklir Indonesia serta undanganlainya.

Upacara kemerdekaan dirangkai dengan tarian kolosal, dan aeromodeling serta peluncuran buku perjuangan Balikpapan yang dibawa oleh pasukan khas angkatan udara.  Mereka lalu menyerahkan buku tersebut kepada walikota, wakil walikota, ketua DPRD,  FKPD dan pejabat lainnya. “ Ada 16 penerjuan dari Paskhas,trip pertama 5 personil dan 5 personil lalu 6 personil. Mereka membawa buku untukdiserahkan kepada walikota dan msupida,” tuturnya.

Peluncuran buku Balikpapan 13 November 1945 ini dilakukan oleh protokol DPRD bekerjasama dengan generasi cinta sejarah dengan penulis Herry Trunajaya yang juga anak veteran.

Ketua DPRD Balikpapan bersama tokoh masyarakat memegang buku Perjuangan Balikpapan.(foto: rif-GK)
Ketua DPRD Balikpapan bersama tokoh masyarakat memegang buku Perjuangan Balikpapan.(foto: rif-GK)

Ketua DPRD Abdulloh menilai kehadiran buku pejuangan sebagai media untuk mengingat sejarah perjuangan Balikpapan. “Agar masyarakat juga dapat mengetahui dan mengingat siapa pejuang-pejuang yanga ada. Walaupun DPRD tentu menerima masukan dari seluruh elemen masyarakat kalau dipandang perlu harus ada masukan itu. Saya yakin pasti ada kurang puas dari pembaca,” tuturnya.

Ketua DPRD dua periode 2004-2014 Andi Burhanuddin Solong memberikan apreasi kehadiran buku tersebut kepada DPRD kota dan protokol.

“ Buku ini jadi momentum untuk mengetahui dahsyatnya perjalangan bangsa ini memperebutkan kemerdekaan ini khususnya di Balikpapan,” nilainya usai menghadiri upacara Kemerdekaan RI ke 70 tahun, di lapangan Merdeka kemarin.

Nantinya kehadiran buku ini kata dapat digunakan, diberdayakan dan dijadikan motivasi bagi generasi  muda Balikpapan dalam mencintai kota  dan memahami  eksistensi Balikpapan.

Usai upacara, para pejabat melakukan live testimony peluncuran buku di radio Onix Balikpapan.

Upacara bendera ini menjadi puncak peringatan HUT kemerdekaan RI ke 70 tahun oleh pemerinta kota. Sebelumnya sejak 12 Agustus lalu menurut Ketua Panitia HUT kemerdekaan RI ke 70 tahun, Pemkot Balikpapan, Heri Misnoto, juga digelar pelayanan kesehatan bagi veteran dan keluarga, pemberian santunan, kegiatan lainya termasuk upacara ini.” Jumlah biaya yang dikeluarkan seluruhnya Rp1,9 miliar. Pada upacara  peringatan ini kita  undang sebanyak 3800 undangan,” tambahnya.(rif-Gk)

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

One comment

  1. Abyan Fauzi Alfarizqy

    Sebagai warga Balikpapan, sungguh sy baru tahu setelah membaca buku yang ditulis Herry Trunajaya BS dkk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.