“Cincin” Perluasan Tawaf di Masjidil Haram Sudah Melingkar

matf-3MAKKAH, GERBANGKALTIM.COM,—Memasuki 1 Ramadhan 1434, perluasan Masjidil Haram berupa tempat tawaf berlantai dua mulai terlihat melingkar sempurna. Bangunan dengan diameter lingkar dalam 70 meter dan lingkar luar 94 meter mirip sebuah “cincin” besar yang melingkari “Kabah”. Di sinilah para jamaah bisa melakukan tawaf para areal seluas 3 ribu meter persegi, atau meningkat dari 50 ribu jamaah menjadi 130 ribu jamaah per jam.
Seperti yang diberitakan Saudibiznews.com, penyelesaian tempat tawaf ini merupakan tahap satu dari tiga tahap yang direncanakan. Sesuai yang ditargetkan semula tahap satu selesai sebelum memasuki Bulan Ramadhan 2013 ini, dengan mengerahkan ribuan pekerja. Direncanakan pekerjaan akan diistirahatkan terkait meningkatnya jamaah umroh pada Ramadhan ini hingga nanti saat pelaksanaan ibadah haji.
Kendati pelaksanaan mega proyek yang dimulai sejak November 2012 lalu bekerja siang dan malam, namun tidak mengganggu pelaksaan ibadah di Masjidil Haram baik saat salat wajib maupun bagi jamaah umroh yang melakukan tawaf hingga sai antara Safa-Marwah.
mataf1Menurut penelitian, nantinya tempat tawaf ini pada salah satu lantainya dikhususkan untuk jamaah uzur/lansia maupun penyandang cacat yang biasa menggunakan kursi roda. Hal ini mirip dengan jalur khusus di tempat sai yang menyediakan tempat bagi jamaah yang harus menjalankannya di atas kursi roda.
Proyek perluasan dengan dana SR80 miliar dirancang untuk meningkatkan kapasitas masjid menjadi lebih dari dua juta jamaah, dengan penambahan 456.000 persegi wilayah meter ke masjid yang ada, yang memiliki luas total 356.000 meter persegi.

Proyek ekspansi baru termasuk pembangunan gedung masjid besar, perluasan dan pengembangan halaman sekitar masjid, termasuk trotoar, terowongan dan toilet, dan pengembangan fasilitas layanan untuk AC, listrik dan air minum.

mataf2Sebuah terowongan 1.200 meter akan dibangun dari akhir ekspansi melewati Hindi Jabl sementara terowongan lain dengan panjang 1.100 meter akan dibangun di bawah Jabl Madafie. Darurat 700 meter terowongan melintasi dua terowongan lainnya akan dibangun dari Jabl Al-Ka’bah. Sebagai bagian dari proyek, perluasan tempat Sai (antara Safa dan Marwa) selesai sebelumnya, dan ini meningkatkan kapasitas dari 44.000 sampai 118.000 jamaah per jam.(*/gk03)

Sumber foto: google.com