Mubes Dayak Tahol Diwarnai “Tembak Burung”

yansen2 300x202 Mubes Dayak Tahol Diwarnai “Tembak Burung”MALINAU, GERBANGKALTIM.COM,—Bupati Kabupaten Malinau membuka acara Musyawarah Besar Dayak Taho, Rabu. Mubes Dayak Tahol ini,merupakan Mubes yang ke III,yang diadakan didesa Batu Lidung Malinau.

Dalam acara tersebut Bupati beserta istri dan Muspida disambut dengan tarian adat Tahol serta pengalungan kalung manik-manik,yang menyimbulkan penyambutan tamu agung atau yang dianggap sesepuh. Dalam rangkaian acara ini partisipasi kaum muda dan kaum tua juga tak ketinggalan dari berbagai desa.Mereka menampilkan berbagai tarian, seperti halnya tari Enggang, tarian menari kayu, tarian sesaji buaya,tarian banjau dan lain-lain.

Adapaun tujuan Mubes kali ini,adalah agenda dari Lembaga Adat Dayak Besar Tahol. Dalam adat Dayak Tahol uniknya saat melamar seorang gadis atau acara pernikahan, tradisi menembak burung itu tak pernah luput dari rangkaian acara. Bahkan dalam acara, Bupati Malinau Yansen TP dibarengi dengan Ketua DPRD Malinau Marthen Labo dipersilahkan panitia untuk menembak burung,sebagai simbolis acara pelamaran atau pernikahan.

Domber selaku ketua adat Dayak Tahol mengatakan acara ini untuk memperet tali silaturahmi, mendukung program pemerintah khususnya bidang Budaya dan Pariwisata dan lain-lainnya. Acara yang membangun karakter Budaya Dayak Tahol ini, tak lepas dari konsep Gerakan Desa Membangun atau GERDEMA. “Karena dengan konsep ini masyarakat khususnya Dayak adat Tahol bisa berpartisipasi seiring pembangunan Kabupaten Malinau yang digarap oleh rakyat, untuk rakyat dan dinikmati rakyat,serta berkelanjutan,” ujar Domber.

Sementara itu, Yansen TP selaku Bupati Malinau  berpesan agar dalam acara ini harus saling membangun komunikasi kekerluargaan yang baik, dan acara ini akan berjalan baik serta harmonis. “Pemerintah manyambut baik acara ini, baik olah raga maupun kebudayaan,”katanya.

Bupati menambahkan, masyarakat Tahol harus bisa membangun desanya masing-masing dari semua aspek,agar bisa hidup secara baik.(Mudi)