Home » GerbangPublic » 2016 Dinas Sosial Berdiri Sendiri
Balikpapan Kota Beriman

2016 Dinas Sosial Berdiri Sendiri

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Pemkot menargetkan pembentukan dinas social dapat direalisasikan pada 2015 ini sehingga tahun depan lembaga dinas social kota Balikpapan sudah operasional. Mengingat beban kerja dinas tenaga kerja dan social kota Balikpapan makin besar.

” Bahkan sudah overload beban kerja sehingga perlu dipisahkan antara dinas social dan dinas tenagakerja. Apalagi menghadapi MEA akhir 2015 ini tentu permasalahan makin kompleks,” ujar Kadisnakersos Kota Tirta Dewi, Rabu (3/6/2015).

Menurutnya Reperda dinas sosiala ini katanya sudah masuk dalam prolegda 2015 dan terus dialkukan pembahasan kelembagaan dan fungsi dan tugasnya bersama bagian organisasi tatalaksana, bagian hukum dan disnakersos.

Dewi mengakui dalam pembahasannya, bagian Ortal meminta restu pemerintah provinsi agar dapat mendahului pemekaran. Karena ada surat edaran berdasarkan UU 23 tahun 2014 ada kewenangan pemerintah kota/kabuapten itu ditarik ke provinsi.

“ Sehingga yang behubungan dengan penarikan kewenangan ini menunggu aturan main yang akan datang. Pembagian kewenangan seperti apa baru bisa dimekarkan termasuk disnakersos itu ada kewenangan pengawasan tenega kerja itu ditarik ke pusat atau provinis,” terangnya.

“ Kita berharap dengan kompleksitas permasalahan social di kota Balikpapan dinas sosial dapat terbentuk di 2015 ini. Karena dinas social tidak ada kena aturan atau ditarik ke kewenangan dipusat,” lanjutnya.

Mantan Kepela Dispenda ini juga menyebutkan alasan lain perlunya dibentuk Dinas social karena penangananan masalah-masalah social juga makin kompleks.

“ Kayak penyandang masalah kesejahteraan social (PMKS) itu sudah 28 jenis. Nah di Balikpapan ada 22 jenis seperti orang telantar, pengemis, anjal, orang gila, wts, cacat, lansia terlebih lagi kemensos nyatakan kecanduan pornografia masuk dalam PMKS,” jelasnya.

Karena itu pihaknya berharapa pada 2015 dinas social secara kelembagaan sudah dapat terbentuk dan 2016 sudah berdiri sendiri.

“ Perda kelembagaan sudah disiapkan ortal terus bahas bersama bagian hukum,” tukasnya.(rif/Gk)

Check Also

Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sepanjang tahun 2017 lalu, Polda Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil mengungkap 38 kasus korupsi. Kasus ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *