Home Balikpapan Dome Diguncang Ribuan Alumni SMPN 2
Balikpapan - GerbangKALTIM - 3 weeks ago

Dome Diguncang Ribuan Alumni SMPN 2

Rizal Puji Lahirnya IKAM Balikpapan jelang Hut ke-122 Kota Balikpapan

GERBANGKALTIM.COM. Ribuan alumni SMP Negeri 2 Balikpapan dari berbagai angkatan, memadati dan “mengguncang”  Gedung Balikpapan Sport & Convention Center-BSCC (Dome), Minggu (27/1) kemarin.

Ribuan alumni mulai angkatan 1960-an hingga angkatan 2018, sudah mendatangi gedung Dome sejak pagi hari. Pelaksanaan reuni akbar sendiri, berlangsung sejak pagi hari sekira pukul 07.00 wita. Dimulai dengan aktivitas senam sehat bersama dan beragam event lainnya. Sementara seputaran luar gedung Dome, diisi puluhan peserta bazaar beragam produk UMKM dan mitra sponsorship.

Reuni sendiri bertambah semarak saat deklarasi dan pengukuhan kepengurusan

Ikatan Alumni SMP Negeri 2 Balikpapan (IKAM). Pasalnya, selain Wali Kota HM. Rizal Effendi, SE, juga hadir mantan Ketua DPRD Balikpapan, H. Andi Burhanuddin Solong, serta sejumlah pejabat pemkot seperti Asisten III M. Saufan dan Kepala Dinas Pendidikan, Ir Muhaimin MT. Termasuk anggota DPRD, seperti Mieke Henny dan Ida Prahastuty.

“Terbetuknya organisasi IKAM dan digelarnya reuni akbar SMPN 2 momentumnya tepat, di awal tahun 2019 dan jelang hut ke-122 Kota Balikpapan,” kata Wali Kota HM Rizal Effendi.

Wali kota juga memuji penggagas digelarnya reuni akbar dan IKAM, guna menyatukan para alumni SMPN 2, yang saat ini sebagian besar sudah sukses berkarier di bidangnya masing-masing. “Yang saya tahu, alumni SMPN 2 ini lengkap. Ada yang jadi pengusaha sukses, pejabat, seniman, anggota DPRD hingga caleg,” ujarnya.

Ia berpesan, organisasi IKAM dapat berkontribusi nyata dalam mendukung pembangunan kota. “Balikpapan saat ini adalah salah satu kota terbaik di Indonesia. Karenanya, mari kita jaga, kita bangun dan kita bela bersama,” ucap Rizal.

Ketua Umum IKAM Balikpapan, H. Karmin Laonggeng, SE menegaskan, lahirnya organisasi IKAM sejatinya menandai berbagai aktivitas positif yang akan dilakukan para alumni SMPN 2guna mendukung pembangunan di Balikpapan. “Kita ingin, organisasi ini bekerja dengan hati, menyatuhkan para alumni dalam bingkai silaturahim dan turut berkontribusi positif membangun kota yang kita cintai bersama,” ujarnya.

Karenanya, tegas H. Karmin, visi misi IKAM juga diselaraskan dengan motto Kota Balikpapan, Kubangun, Kujaga dan Kubela. “Meski kami berbeda-beda latar belakang profesi, tapi di organisasi IKAM, semuanya satu hati dan tujuan, berbuat yang terbaik untuk kota, khususnya bagi dunia pendidikan—utamanya prioritas kami pada keberadaan para guru dan sekolah kami SMPN 2,” paparnya seraya menyebut, jika reuni pertama IKAM Balikpapan sudah sesemarak ini, maka di tahun-tahun mendatang diharapkan lebih meriah lagi.

Didampingi pengurus IKAM dan panitia reuni akbar alumni SMPN 2, H Karmin mengungkapkan, kegiatan ini sekaligus menandai dikumpulkannya ribuan alumni SMPN 2 dari berbagai angkatan dalam satu wadah organisasi silaturahim. “Tujuan dibentuknya IKAM dan dihelatnya reuni tidak lain untuk menguatkan tali silaturahim semua alumni dari berbagai angkatan,” ujarnya.

Organisasi IKAM, kata Dirut PT. Abadi Raya Commerce (ARCO) ini, diharapkan tidak hanya sebagai wadah berhimpun untuk alumni, tapi juga bisa berkontribusi nyata dalam kegiatan pembangunan di Balikpapan. Utamanya, dalam keterlibatan organisasi IKAM pada kegiatan sosial kemasyarakatan, pendidikan, seni budaya, olahraga, ekonomi kerakyatan, keagamaan dan lainnya.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Penasehat IKAM Balikpapan,  H. Agusminsyah, SE. Ia menyebut, terbentuknya IKAM merupakan sejarah di Balikpapan. Karena,  baru kali ini ada wadah yang menghimpun semua angkatan (alumni) dalam sebuah organisasi. Mengingat, alumni suatu sekolah umumnya hanya diikat dalam sebuah wadah tiap angkatan alumni saja.

“Yang harus diketahui, tidak mudah mengumpulkan ribuan alumni yang sudah tersebar dimana-mana, bukan hanya di Balikpapan, tapi juga di luar kota,” ucapnya.

BANJIR DOORPRIZE

Reuni akbar SMPN 2 Balikpapan tak hanya diisi berbagai aksi seni dan budaya, tapi juga tampilan apik berbagai sesi acara yang disuguhkan panitia. Seperti, seni tari dari pelajar SMPN 2, back to school show, baca puisi, aksi panggung Damang Stone Band dan Sahabat Noah, hingga pencak silat Merpati Putih dari angkatan 74. Tidak kalah hebohnya, penampilan B-Think Plus Band dan parade lomba yel-yel dari alumni semua angkatan. Puncak reuni dibanjiri puluhan doorprize, dengan hadiah utama sepeda motor.

Ketua Harian dan Sekretaris IKAM Balikpapan, Alfian Nur Azhari SH dan Muhammad Thohir menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya dari ribuan alumni, panitia, mitra sponsorship, media massa cetak, elektronik dan online—yang telah mensupport suksesnya acara ini.

Untuk diketahui, Ketua Umum IKAM Balikpapan, H. Karmin Laonggeng, SE sejauh ini dikenal  aktif dalam berbagai organisasi sosial, kemasyarakatan, olahraga, ekonomi dan seni budaya di Balikpapan dan Kaltim. Mulai Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Kaltim, Ketua Ormas Warga Jaya Indonesia (WJI) Kaltim, Bendaraha Umum Partai Berkarya Kaltim, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin)  Indonesia Kota Balikpapan dan organisasi lainnya.(*)

Penulis           : RUDI R. MASYKUR
Editor             : RUDI R. MASYKUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pendidikan, Problem “Klasik” Balikpapan

GERBANGKALTIM.COM – Mantan Ketua DPRD Balikpapan dua periode H. Andi Buharnuddin Sol…