Home Paser 130 Rumah di Paser Tergenang Banjir Setinggi 2 Meter
Paser - 1 week ago

130 Rumah di Paser Tergenang Banjir Setinggi 2 Meter

TANA PASER, Gerbangkaltim.com,- Sekitar 130 rumah di Kelurahan Long Ikis Kabupaten Paser pada Senin (11/2) pagi tergenang banjir setinggi 2 meter dikarenakan hujan deras yang terjadi pada malam hari waktu setempat.

Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser Hendrik Tham dihubungi dari Tanah Grogot mengatakan selain pemukiman warga, sejumlah fasilitas umum juga turut tergenang banjir. 

“Selain pemukiman, mushalla, TK, SD, Gedung Kelurahan, dan Posyandu juga tergenangi air. Sebanyak 3 RT yang terdampak banjir yaitu RT 2, RT 4 dan RT 5,” kata Hendrik.

Tim BPBD Kabupaten Paser kata Hendrik tiba di lokasi pada Pukul 12.00 Wita dengan membawa 16 personel rescue. 
“Kami bersama beberapa pihak turut membantu evakuasi warga ke tempat yang lebih aman,” kata anggota BPBD Paser Hendrik Tham.

Selain BPBD terdapat sejumlah pihak yang terlibat dalam penanganan banjir ini. 
Mereka dari unsur kepolisian, TNI, Brimob Konpi 2 Yon C Paser, Puskesmas Longikis, Kelurahan Longikis, Tagana Longikis dan Longkali, Relawan Siaga Bencana Longikis, dan masyarakat setempat.

“Saat ini sudah dibangun dapur umum yang didirikan di RT 002. Warga sebagian mengungsi ke rumah keluarga terdekat dan pokoknya yang sudah kami dirikan,” kata Hendrik.

Diperkirakan banjir yang terjadi disebabkan luapan Sungai Sekurau. Sekitar Pukul 16.30 Wita air sudah mulai surut 50 cm.

“Air sudah mulai surut setengah meter. Kita sudah upayakan evakuasi warga dengan menggunakan dua perahu fiber,” kata Hendrik.

Hingga pukul 16.40 Wita kata Hendrik BPBD dan aparat serta pihak terlibat masih berjaga di lokasi untuk mengantisipasi hujan susulan yang mengakibatkan naiknya ketinggian air.(Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

PDAM Paser Akan Tingkatkan Fasilitas Kursi Kolam Renang

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kandilo Kab…