Home GerbangKALTIM Geber Pameran UMKM di 3 Kota
GerbangKALTIM - Uncategorized - 7 days ago

Geber Pameran UMKM di 3 Kota

Garapan PERWIRA dan Kadin Indonesia Kaltim

GERBANGKALTIM.COM—Produk pelaku usaha kecil menangah dan mikro (UMKM) di Kaltim kini punya peluang besar untuk terus dipromosikan ke pasar domestik hingga mancanegara.

Pasalnya, organisasi PERWIRA Kaltim dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kaltim, menyiapkan pameran skala besar di tiga kota di Kaltim sepanjang tahun 2019 ini.

Sumaria yang juga Wakil Ketua Bidang Kewirausahaan UMKM, Koperasi dan Pemberdayaan Perempuan Kadin Indonesia Kaltim ini mengungkapkan,  pameran UMKM yang akan digeber di 3 kota nanti, konsepnya berbeda dengan pameran atau kegiatan ekspo yang sudah pernah dihelat di Kaltim. 

Mengapa? Karena pihaknya sudah menyiapkan seluruh potensi produk UMKM di semua kabupaten-kota di Kaltim, agar bisa ikut dalam pameran ini. “Jadi, fokus kami bagaimana semua produk UMKM kabupaten kota se-Kaltim, bisa ditampilkan di even ini. Sehingga, siapapun yang datang ke lokasi pameran, bisa akan tahu ciri khas dan potensi yang dimiliki pelaku UMKM masing-masing daerah,” tuturnya.

Harapannya, upaya meningkatkan promosi  sekaligus pemasaran produk UMKM Kaltim bisa lebih dikenal masyarakat luas, khususnya jaringan konsumen dari luar Kaltim di Indonesia hingga mancanegara. “Gubernur H Isran Noor sangat mendukung ide kami. Apalagi, pameran ini juga disupport langsung Kadin Indonesia Kaltim—organisasi pengusaha yang pengurusnya juga sudah dikenal luas di Kaltim,” ucapnya.

Guna menambah daya tarik pameran, pihaknya juga akan melibatkan BUMN dan pihak swasta guna meramaikan pameran. Sementara atraksi seni dan budaya, juga tidak ketinggalan disisipkan untuk memeriahkan acara. “Akan banyak even tambahan yang kami siapkan, seperti berbagai lomba dan seni. Kami juga membuka peluang bekerjasama dengan pihak manapun yang ingin meramaikan ajang ini,” tutur Sumaria.

Ditanya soal waktu pelaksanaan, Sumaria menyebut pameran tiga kota digelar bergantian. “Rencananya, sebelum pemilu legislatif akan dihelat di Samarinda. Lalu, menyusul setelahnya Bontang dan Balikpapan. Jadi, tunggu tanggal mainnya,” pungkas perempuan yang juga aktivitis partai politik ini.(*)

PENULIS        : RUDI R. MASYKUR
EDITOR          : RUDI R. MASYKUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pendidikan, Problem “Klasik” Balikpapan

GERBANGKALTIM.COM – Mantan Ketua DPRD Balikpapan dua periode H. Andi Buharnuddin Sol…