Home Uncategorized Kaltim Tuan Rumah Rakernas Kadin Indonesia
Uncategorized - 7 days ago

Kaltim Tuan Rumah Rakernas Kadin Indonesia

Sukses, Pelantikan Pengurus Kadin Kaltim dan Kabupaten - Kota

GERBANGKALTIM—Provinsi Kalimantan Timur mendapat kehormatan ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan rapat kerja nasional (rakernas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Penunjukkan Kaltim sebagai tuan rumah ini, disampaikan Ketua Umum Kadin Indonesia, Edy Ganefo, seusai melantik pengurus Kadin Indonesia Kaltim yang diketuai Andhika Hasan dan pelantikan Kadin Indonesia kabupaten-kota se-Kaltim, di Gedung Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda, Sabtu 9 Februaria 2019.

Menurut Edy Ganefo, Kaltim yang kini dipimpin Gubernur H. Isran Noor, sangat ideal menjadi tuan rumah rakernas Kadin Indonesia. Pasalnya, selain provinsi ini makin maju dan berkembang, semua infrastruktur pendukung seperti bandara internasional dan fasilitas lainnya sudah tersedia lengkap tidak kalah dengan provinsi lain di Indonesia.

Ide menunjuk Kaltim sebagai tuan rumah, tegas Edy, juga dilihat dari solidnya kepengurusan Kadin Indonesia Kaltim, termasuk terbentuknya kepengurusan Kadin Indonesia Kabupaten – Kota dalam waktu singkat. “Saya merasa perlu berterima kasih pada para pengurus Kadin Indonesia Kota Balikpapan, yang 2 tahun ini berjuang keras menjadi inisiator terbentuknya Kadin Indonesia Kaltim dan Kadin Indonesia Kabupaten – Kota, seperti Samarinda, Bontang, Kukar, Kutim dan PPU,” ujarnya.

Karena itu, ucap Edy, kabupaten atau kota mana di Kaltim yang akan dijadikan tempat pelaksanaan rakernas, akan dikoordinasikan dengan Gubernur H Isran Noor. Namun ia menilai, Kota Balikpapan dan Kota Samarinda, adalah dua kota yang memiliki fasilitas sama lengkap, baik dari sisi bandara internasional maupun akomodasi hotel dan lainnya untuk menyambut kedatangan tamu atau peserta dari seluruh Indonesia.

Rakernas Kadin Indonesia, lanjut dia, merupakan agenda rutin dari Kadin Indonesia, dengan agenda menyiapkan program kerja guna mendukung peningkatan ekonomi nasional dan daerah.  Di sisi lain, misi rakernas juga ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya para pelaku UMKM yang akan dilibatkan meramaikan agenda rakernas. “Jadi, rakernas biasanya juga diikuti kegiatan pameran pelaku UMKM, yang selalu jadi prioritas program Kadin Indonesia,” paparnya.

POTENSI BESAR

Edy Ganefo mengungkapkan, Provinsi Kaltim sejauh ini merupakan daerah kaya akan potensi sumber daya alam dan penyumbang terbesar pemasukan nasional di sektor minyak dan gas (migas), batubara dan lainnya. Di sisi lain, pengembangan sektor pariwisata dan pelaku UMKM juga menjadi perhatian Pemprovi Kaltim yang dinilainya sangat ideal mengusung konsep “Kaltim Berdaulat”—khususnya di sektor ekonomi.

“Para pengusaha Kaltim itu juga tangguh-tangguh dan gaungnya sudah level nasional hingga internasional. Makanya, dengan dukungan penuh gubernur, saya yakin akan banyak lagi lahir pengusaha tangguh dan berkualitas dari Kaltim,” imbuhnya,

Sebab itu, Edy juga mendukung penuh gagasan Kadin Indonesia Kaltim menggelar pameran UMKM di tiga kota di Kaltim dalam waktu dekat. “Itu ide nyata dan wajib kita dukung. Jika perlu, kami dari pusat akan melibatkan pihak BUMN dan swasta lainnya ikut meramaikan even pameran UMKM tadi,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kadin Indonesia Kaltim yang dinakhodai Andhika Hasan, bergerak cepat usai dilantik, Sabtu (9/2). “Kami akan membuat banyak kegiatan dan program positif bagi masyarakat Kaltim, khususnya dengan para pelaku UMKM. Karena, ketahanan ekonomi nasional dan daerah, banyak ditentukan kemampuan kita mendorong geliat pertumbuhan pelaku UMKM,” kata Andhika Hasan.

Apalagi lanjut dia, Kadin Indonesia Kaltim sudah mendapat dukungan penuh dari Gubenur H. Isran Noor. Juga para pengusaha yang ada, termasuk tokoh pengusaha senior seperti HM Jos Soetomo, Aji Sofyan Alex dan lainnya.  “Kami optimis, visi Kaltim Berdaulat khususnya di sektor ekonomi, akan berhasil direalisasikan di bawah kepemimpinan Gubernur H. Isran Noor, dengan makin solidnya para pengusaha yang bernaung di bawah Kadin Indonesia,” pungkas Andhika Hasan.

Sekadar diketahui, Pelantikan Pengurus Kadin Indonesia Kaltim berlangsung semarak. Dihadiri sekira 250-an undangan, tampak hadir unsur pimpinan daerah dan anggota DPRD Kaltim, serta tokoh pengusaha di Kaltim. Seperti HM. Jos Soetomo, Aji Sofyan Alex, H. Karmin SE, Ir. Soedjatmiko, Sumaria Daeng Toba, dan ratusan pengusaha dari Balikpapan, Samarinda, PPU, Kukar, Kutim dan Bontang.(*)

PENULIS        : RUDI R. MASYKUR
EDITOR          : RUDI R. MASYKUR

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pendidikan, Problem “Klasik” Balikpapan

GERBANGKALTIM.COM – Mantan Ketua DPRD Balikpapan dua periode H. Andi Buharnuddin Sol…