Home GerbangKALTIM Viralkan Transportasi Era 70-an, di Zaman Modern
GerbangKALTIM - HL - Samarinda - 6 days ago

Viralkan Transportasi Era 70-an, di Zaman Modern

IPDP Kaltim kota Samarinda, Gelar Perdana Pesona Tirta Mahakam

SAMARINDA, gerbangkaltim.com – Pesona Tirta Mahakam, merupakan event untuk mem-viralkan kembali icon transportasi air yaitu Kapal Tambangan yang hampir punah. Mengangkat tema Lestari History Bahari, kegiatan tersebut dilaksanakan di Sungai Mahakam, Samarinda, Sabtu (16/2/2019).
Kepada awak media, dalam konfrensi pers yang dilaksanakan di Dermaga Mahakam Ilir, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Selasa (12/2/2019), Ketua IPDP Kaltim kota Samarinda, Apri Gunawan mengatakan, kegiatan dengan semboyan “Berubah atau Punah” itu dilaksanakan untuk menghidupkan kembali transportasi bahari yang populer di gunakan masyarakat Kota Tepian di era 70-an.
“Transportasi tambangan merupakan transportasi utama yang digunakan masyarakat Samarinda untuk menyebrangi sungai mahakam dari pusat kota ke samarinda seberang, sebelum jembatan mahakam yang di bangun dan diresmikan oleh Soeharto pada 1987 silam,” katanya.
Dalam event yang akan di langsanakan mulai pukul 14.00 Wita hingga 22.00 Wita nanti, kapal tambangan dihias dan melakukan konfoi di sepanjang sungai mahakam dengan jarak delapan hingga 10 kilo meter. “Nanti kapal-kapal tambangan akan kami hias. Start akan dari dermaga mahakam Ilir dan lintasan yang akan di lalui yaitu empat kilo meter ke arah kanan, dan empat kilo meter ke arah kiri,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Samarinda, H Muhammad Faisal sangat menyambut baik kegiatan yang digagas oleh IPDP Kaltim kota Samarinda. Dia juga sangat mengapresiasi organisasi tersebut, sebab sudah mau mengeksplor sungai mahakam dan icon bahari yaitu kapal tambangan. “Saya sangat bangga dan mengapresiasi kepada salah satu komponen masyarakat yang berinisiatif untuk mengeksplor sungai mahakam,” tuturnya.
Dia berharap, kegiatan seperti ini bisa dilaksaakan berkelanjutan, dan dijadikan agenda rutin untuk menarik wisatawan tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga para wisatawan luar bahkan mancanegara. “Saya berharap kegiatan ini dilakukan terus menerus, sehingga menjadi agenda pemerintah Samarinda khususnya pariwisata,” bebernya.
Hal senada juga di sampaikan Kadis perhubungan samarinda H Ismansyah. Dia sangat berterimakasih kepada IPDP Kaltim kota Samarinda, dengan kegiatan pesona tirta mahakam yang digagasnya. “Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Saya berharap, kedepannya terus melakukan kegiatan-kegiatan serupa untuk memviralkan kembali kapal tambangan ini,” cetusnya.
Dia mengungkapkan, sejak 2018 lalu, pihaknya mulai melakukan renovasi terhadap dermaga mahakam ilir tersebut. Juga kedepannya dirinya akan melakukan pembenahan terhadap wajah dermaga mahakam ilir juga pasar pagi yang selama ini, terkenal kumuh dan macet. Hal itu dilakukan agar para wisatawan nyaman untuk berkunjung menikmati pesona sungai mahakam. “Kedepannya kami akan banyak melakukan pembenahan di wilayah dermaga mahakam ilir ini agar lebih cantik,” pungkasnya. (gps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Luar Biasa!!! Dengan Tegas, Danrem Ingatkan Netralitas Kepada Prajurit

Dua Dandim dan Komandan Yonif 611/Awl di Ganti SAMARINDA, gerbangkaltim.com – Lingkungan K…