Balikpapan - Ekonomi - GerbangNEWS - May 3, 2019

Dewan Ingin Ada Kawasan Pilot Project Produk Halal di Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– DPRD Kota Balikpapan kini tengah menggodok rancangan peraturan daerah (raperda) Jaminan Produk Halal, dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD), Kamis (02/05). Harapannya akan muncul kawasan yang akan jadi pilot project untuk produk-proudk halal.

Dalam FDG yang digelar di Hotel Grand Senyiur itu, para wakil rakyat tersebut, menghadirkan akademisi dari Univeristas Brawijaya (Unibraw) Malang untuk mendapatkan masukkan dalam penysunan naskah akademik terkait raperda tersebut.

Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Balikpapan Fachruddin Harami yang mewakili Wali Kota dalam sambutannya mengungkapkan, raperda tersebut sangat penting untuk dibahas.

“Masyarakat Kota Balikpapan mayoritas beragama Islam sehingga raperda Jaminan Produk Halal ini sangat penting,” ujarnya

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh mengatakan, FGD yang digelar sangat bermanfaat untuk memberikan masukkan dalam penyusunan dan pembahasan raperda Jaminan Produk Halal.

“Jadi raperda ini setelah disahkan menjadi perda untuk memastikan kehalalan produk, juga untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) karena industri halal terus berkembang di pasar global karena sangat diminati,” ujarnya.

Kehadiran perda ini nantinya, lanjut Abdulloh akan mendorong Pemkot Balikpapan untuk membentuk kawasan yang akan dijadikan pilot project untuk produk-produk halal, yang akan berkembang luas ke wilayah lainnya di Balikpapan.(hm/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Berjalan Demokratis Dan Transparan, KH. Suaji Mustari Ucapkan Terima Kasih Kepada KPU

BERAU – Tahapan Pemilu 2019 masih dalam proses penghitungan suara. KH. Suaji Mustari selak…