Balikpapan - GerbangNEWS - GerbangPOLRI - May 12, 2019

Antisipasi Kejahatan, Tim Patroli Polwan Kawal Pasar Ramadan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,–Tim patroli dialogis jajaran ditsamapta Polda Kaltim melakukan pengamanan disejumlah titik pasar ramadan yang tersebar di wilayah kota Balikpapan. Uniknya petugas pengamanan tersebut berasal dari kalangan polisi wanita (polwan).

Kanit SIE Turjawali Subdit Gasum Ditsamapta Polda Kaltim, Iptu Koesti Winarsih. SH, M.H. mengatakan, pengaman tersebut di bagi menjadi tiga regu dan masing-masing regu terdiri 7 orang polwan. Adapun tugas utama para polwan tersebut melakukan pengaman dan himbauan kepada masyarakat agar tidak membawa barang-barang berharga, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan.

“Pengaman ini kami bagi tiga regu, satu regu terdiri dari tiga regu dan masing-masing regu terdiri tuju polwan, tujuan untuk melakukan pengawasan dan himbauan penggunaan agar lebih humanis,”

Lebih lanjut ia menjelaskan, pengaman tersebut nantinya tidak hanya di lakukan di pasar-pasar ramadan saja, tetapi juga di sejumlah titik lainnya seperti bank dan pusat perbelanjaan.

“Pengaman ini nantinya tidak hanya sampai di pasar ramadan ini saja tetapi juga di bank, mall karena kan rata- rata bulan puasa aktifitas masyarakat meningkat disitu,” ujarnya

Sementara itu, tujuan diterjunkannya tim pengaman dari polwan tersebut agar pengaman lebih harmonis dan lebih humanis terlebih lagi penjual pasar ramadan kembayakan dari kalangan kaum perempuan.

“Biar lebih humanis aja, penjual pasar ramadan kan kebanyakan perempuan jadi kami lakukan ini lebih mengena,” lanjut perwira polisi berpangkat balok dua di pundaknya itu.

Polisi juga menghimbau masyarakat untuk menjaga keamanan diri dan lingkungan, tidak membawa perhiasan yang berlebihan pada saat berbelanja di lokasi keramaian.(mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Berjalan Demokratis Dan Transparan, KH. Suaji Mustari Ucapkan Terima Kasih Kepada KPU

BERAU – Tahapan Pemilu 2019 masih dalam proses penghitungan suara. KH. Suaji Mustari selak…