Balikpapan - GerbangKALTIM - May 30, 2019

2.295 Pemudik Ikut Program BUMN Mudik Gratis 2019

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Sebanyak 2.295 pemudik yang mengikuti program BUMN Mudik Bareng 2019 diberangkatkan dengan KM Labobar melalui Pelabuhan Semayang, Kamis siang (30/5/2019)

Ribuan pemudik tujuan Surabaya ini diberangkatkan secara gratis melalui sinergi BUMN yang diselenggarakan Angkasa Pura I Balikpapan, PKT, Surveryor Indonesia dan Telkom.
Pemudik menggunakan KM Labobar tampak antusias. Bahkan dari mereka ada yang sudah memenuhi pelabuhan semayang sejak Rabu malam atau Kamis subuh. 

Dua lantai ruang tunggu pelabuhan dipenuhi pemudik tujuan Surabaya an kota lainya. Meski demikian proses keberangkatan penumpang berjalan tertib. Mereka diberangkatkan Kamis siang ini bersama penumpang umum n tujuan Surayaba. KM Labobar mengangkut lebih dari 4000 penumpang.

Pada program BUMN Mudik Bareng ini, Managemen AP I Balikpapan memberangkatkan 600 pemudik tujuan Surabaya yang didominasi dari warga Balikpapan.
Pelepasan mudik gratis ini, dilakukan wali Kota Rizal Effendi bersama General Manager Angkasa Pura I Balikpapan Farid Indra Nugraha dan GM Umum PT PKT Nur Shahid serta BUMN lainya.

General Manager Umum PT Pkt Bontang, Nur Shahid mengatakan, sinergi ini bisa berjalan terus di tahun tahun mendatang. “Dalam program ini Pkt memberangkatkan sebanyak 945 orang dan mengeluarkan dana 1,6 miliar,” ujarnya.

General Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha mengatakan, pihaknya mendukung penuh program pemerintah untuk memberangkatkan pemudik secara gratis.
Harapannya program seperti ini terus berkelanjutan dengan sinergi dengan BUMN lainnya.

“ Kami berangkatkan 600 pemudik ke Surabaya. Anggaran kita  sekitar Rp650 juta untuk program Mudik Gratis  ini. nsya Allah, kami terus kerja sama dengan pemerintah kota untuk memberangkatkan pemudik setiap tahun. Ini tahun pertama kami,” tuturnya.

“ Antusiasnya tinggi sekalai kami  buka pendaftaran 6 Mei lalu dalam waktu tiga jam habis tiket yang disiapkan.Doakan saja, Angkasa Pura I Balikpapan bertambah labanya sehingga ke depan bisa memberangkatkan pemudik lebih banyak lagi,” ujarnya.

Seorang penumpang tujuan Surabaya, Rafi yang berprofesi guru PAUD di Balikpapan menyampaikan syukur dan terimakasih atas program mudik gratis BUMN ini. Dia berharap program ini dapat dilanjutkan dengan sinergi yang lebih banyak lagi antar BUMN.

“Terimakasih atas program mudi gratis ini. Mudah-mudahan BUMN tetap jaya dan mampu melayani masyarakat. Insyaallah tahun depan bisa adakan lagi mudik gratis,” katanya.

Pemudik lain Sumiyati  warga Manggar tujuan Kediri mengaku sudah lima tahun belum mudik lebaran. Menurutnya program mudik gratis BUMN sangat membantu masyarakat kecil.

“Senang sekali bisa mudik tahun ini bersama suami dan tiga anaknya,” ucap wanita yang jualan susu kedelai online ini.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meminta pemudik agar menjaga keselamatan keluarga dan barang bawaan. Dia juga meminta agar sesame pemudik saling ketika di atas kapal mengingat ruang yang ada terbatas.

“Karena kan pergerakan penumpang di atas kapal itu terbatas, jadi penting sekali untuk memerhatikan keselamatan,”  tuturnya.

Wali kota juga memastikan faktor keselamatan penumpang dan kapal betul-betul dijaga karena pemerintah tidak pernah main-main soal ini. “Itu sudah jadi target pemerintah. Mudah-mudahan mereka berangkat dan pulang dengan selamat,” tandasnya.(mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

PT Angkasa Pura I Balikpapan Bantu Sembako dan Perlengapan Bayi untuk Korban Banjir Samarinda

Samarinda – PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Internasional Sultan Aji Muha…