Paser - July 9, 2019

Pergantian Musim, Warga Paser Diminta Tetap Waspadai DBD

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) meski saat ini mulai memasuki musim kemarau.

“Ya tetap waspada. Karena ini terkadang masih turun hujan, jadi kemungkinan ada tempat yang terdapat genangan air sebagai sarang nyamuk,” kata Kepala Dinkes Paser Amir Faisol di Tanah Grogot, Selasa (9/7).

Meski kemarau, lanjut Faisol, masyarakat harus tetap membiasakan perilaku hidup bersih, terutama memberantas sarang nyamuk dan rutin menguras bak kamar mandi.

Masyarakat menurutnya harus membiasakan pola 3 M di rumah masing-masing yaitu menguras dan menutup bak kamar mandi serta memantau sarang nyamuk dan memberantasnya.

“Itu yang harus rutin dilakukan. Menguras bak kamar mandi dan menutupnya,” ujarnya.

Barang-barang yang bertumpukan atau pakaian yang bergelantungan, juga bisa menjadi sarang bersembunyinya nyamuk. “Jangan sampai itu jadi sarang nyamuk. Lebih baik kita mencegah,” ucap Faisol.

Terkait perubahan musim ini kata ia, terdapat hal-hal yang tetap diperhatikan masyarakat, terutama penyakit diare yang diakibatkan karena beberapa penyebab.

Diantaranya karena kurangnya ketersediaan air di musim kemarau ini sehingga penyakit tersebut mudah menyerang masyarakat. “Maka tetap biasakan mencuci tangan sebelum makan,” kata Faisol.

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah munculnya penyakit infeksi saluran pernapasan yang diakibatkan asap dan kurangnya asupan air ke dalam tubuh.

“Salah satunya dengan mencegah, jika ingin perjalanan jauh selalu usahakan gunakan masker,” tutur Faisol. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ringankan Beban Masyarakat, Kodim Paser Gelar Bazar Murah

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Guna menekan kenaikan harga bahan pokok di Kabupaten Paser…