GerbangKALTIM - February 9, 2020

Aksi Amal Untuk Orang Utan di Balikpapan Fashion Week

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kegiatan Balikpapan Fashion Week (BFW) tahun 2020 menjadi salah satu ajang amal bagi para desainer Indonesia.

Acara ini digelar di Grand Jatra Hotel dan atrium Pentacity Balikpapan Super Block (BSB), dimulai sejak 7 hingga 9 Februari 2020.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan lelang untuk membantu kelangsungan hidup orang utan melalui pakaian yang dikenakan model  Davina Veronica hasil karya desiner Agnes Budhisurya.

“Hasil lelang diserahkan langsung ke perwakilan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation,” kata Meivy Mergan, Deputi Bisnis e-Walk Pentacity BSB dalam press conference dengan awak media, Jumat (7/2) lalu.

Tiga designer kenamaan dari Jakarta yakni Agnes Budhisurya, Ida Royani dan Naniek Rachmat turut hadir kegiatan ini.  Ketiganya menampilkan maha karyanya dalam pagelaran busana nasional pertama di Kota Balikpapan ini. 

Sebanyak 30 lebih desainer lokal maupun nasional menampilkan koleksi terbaru mereka. Kegiatan ini menjadi selebrasi bagi desainer Balikpapan yang siap bersinar dipanggung fashion nasional.

“Kami bangga dengan event fashion pertama yang terbesar di Kalimantan Timur,” kata Meivy.

Kegiatan yang merupakan salah satu dari rangkaian HUT K123 Kota Balikpapan ini mengambil tema Cross Culture, terinspirasi dari keragaman budaya suku dan adat istiadat di Kota Balikpapan.

Ajang BFW 2020 ini juga mendapat dukungan banyak pihak. Diantaranya Pemerintah Kota Balikpapan. BFW juga dapat dimanfaatkan sebagai panggung untuk mendorong perkembangan pariwisata serta budaya masing-masing, terutama perkembangan tekstil dan produk fashion UMKM lainnya.

Selain melibatkan puluhan desainer lokal Kota Balikpapan, seperti Batik Vi dan Rumah Ampiek, BFW 2020. Laudya Chintya Bella juga hadir untuk memamerkan koleksi fashion serta mengisi talk show.

Dalam trunk show charity misalnya, Ida Royani menmpilkan koleksi busana muslimnya dengan motof tenun ulos batak. 

Desainer Naniek Rachmat banyak menampilkan karya dengan menggunakan motif kain sasirangan yang merupakan salah satu kain khas Kalimantan Selatan.

Sedangkan Agnes Budhisurya terinspirasi dengan motif bunga anggrek hitam yang merupakan flora khas Pulau Kalimnatan.

Setelah fashion show ini, kegiatan serupa akan dilakukan di kota-kota lainnya sebelum akhirnya pucaknya dilaksanakan Indonesia Fashion Week (IFW) 2020 di Jakarta. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Satgas Mafia Bola Kaltim Dibentuk, Siap Pantau Pelanggaran

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Setelah sukses melakukan pengawasan dan monitoring p…