Pemda Kabupaten Paser - February 17, 2020

Bupati Paser Buka Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020

PASER, Gerbangkaltim.com- Bupati Paser Yusrinsyah Syarkawi membuka rapat koordinasi sensus penduduk tahun 2020 dalam rangka mendukung perubahan metode sensus penduduk yang akan diberlakukan.

Rakor ini dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Paser Hotbel Purba, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Suwardi, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah, Penelitian dan Pengembangan Muksin, serta Perwakilan Organisasi Perangkat daerah.

Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi mengatakan ada perubahan dalam metode sensus penduduk dengan berupaya manfaatkan data kependudukan yang dikombinasikan dengan Data Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

” Ini sebagai dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap dengan memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan teknologi informasi ,” Ujar Yusriansyah, di ruang Rapat Sadurengas ,Senin (17/02/2020).

Ia juga menjelaskan sensus ini akan menyediakan data jumlah, komposisi persebaran dan karakteristik penduduk Indonesia sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

” Karena itu nanti semuanya menggunakan sensus penduduk secara online dengan melibatkan masyarakat secara aktif melalui pendataan secara mandiri,” katanya.

Menurut Bupati, inovasi sensus kependudukan tahun 2020 ini sangat penting karena berbeda berbeda dengan sensus sebelumnya sehingga perlu kerja sama dengan berbagai pihak.

Pada kesempatan itu Yusriansyah mengintsruksikan kepada organisasi perangkat daerah, instansi pusat dan daerah yang ada di Paser serta masyarakat dapat membantu program penduduk tahun 2020.

“Kami mengajak semua pihak bisa membantu kegiatan sensus penduduk ini dengan membantu petugas sensus saat pelaksanaan wawancara di lapangan, ” katanya. (mc Kab. Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ratusan KK Terdampak Banjir di Muara Komam

PASER, Gerbangkaltim.com – Ratusan Kepala keluarga (kk) terdampak banjir di Kecamata…