Home » GerbangNews » 335 Kapal Melintasi Perairan Paser Setiap Bulan
Ilustrasi Kapal di perairan Indonesia (sumber: Infopublik.id)

335 Kapal Melintasi Perairan Paser Setiap Bulan

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.com) Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanah Grogot Harzan Khair mengatakan sekitar 335 kapal dalam negeri dan mancanegara melintas di perairan Paser setiap bulan.

“Sekitar 335-an kapal setiap bulan melintas di perairan paser. 300 diantaranya kapal dalam negeri, dan 35 kapal mancanegara,” kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanah Grogot Harzan Khair, Rabu (3/5).

Kapal dalam negeri dan mancanegara yang melintas di perairan paser setiap bulan menurut Harzan Khair diantaranya yakni berasal dari China, Singapura, Korea Selatan dan Eropa.

“Kapal dari luar negeri yang melintas di perairan Paser seperti dari China, Singapura, Korea Selatan dan dari Benua Eropa. KKP Paser berkewajiban melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah masuknya penyakit,”  kata Harzan Khair.

Pada saat pertama kali kapal memasuki perairan Paser lanjut Harzan Khair, petugas KKP adalah yang pertama kali masuk ke dalam kapal.

“Petugas yang pertama kali memeriksa saat kapal pertama kali datang adalah petugas KKP. Setelah itu baru petugas bea cukai dan imigrasi,” kata Harzan Khair.

KKP Paser lanjut Harzan Khair menerjunkan tiga orang petugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Ada tiga orang petugas KKP yang masuk ke kapal untuk memeriksa kesehatan ABK. Pemeriksaan dilakukan di Teluk Adang. Biasanya kita lewat Sungai Kandilo,” kata Harzan Khair.

World Health Organization (WHO) kata Harzan Khair telah menetapkan sejumlah penyakit yang harus dicegah penyebarannya diantaranya seperti “Mers Cov’ dan Zikha.

“Penyakit “Mers Cov” dan Zikha jangan sampai masuk ke Indonesia, terutama melalui kapal-kapal yang masuk di perairan Indonesia, khususnya Paser. Selama ini hal tersebut tidak terjadi dan kondisi Paser dalam keadaan aman dari penyakit menular tersebut,” kata Harzan Khair.(Jya)

 

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.