Home » Gerbang Polri » 40 Tahanan Mapolres Balikpapan Berikan Hak Suara

40 Tahanan Mapolres Balikpapan Berikan Hak Suara

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sebanyak 40 tahanan Mapolres Balikpapan memberikan hak suaranya pada Pemilihan Gubernut (Pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) 2018, belum lama ini. Dari jumlah itu, sebanyak 30 pemilih menggunakan A5 dan 10 orang menggunakan C6.

Dalam proses pemilihan ini berjalan lancar, tidak ada kendala yang dialami. Para tahanan baik wanita dan pria memebrikan hak suaranya dikawal ketat brimob bersenjata lengkap.

Ketua TPS 28 Klandasan Ulu Balikpapan Kota Sudarto, mengatakan semua warga Negara Indonesi berhak memberikan hak suaranya dan para tahananan yang ada di Polres juga berhak memberikan hak suaranya dalam Pilgub Kaltim kali ini. Usai pencoblosan petuags bersama Linmas membawa kotak suara ke TPS 28 untuk di lakukan perhitungan suara.

PARTISIPASI

Selain itu, partisipasi politik warga Kota Balikpapan pada Pilgub Kaltim 2018 mengalami peningkatan 65,3 persen atau naik 10 persen  jika dibandingkan dengan Pigub Kaltim tahun 2013 silam. Kala itu, hanya 56 persen. Namun kenaikan ini jauh dari target Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni sebesar 77,5 persen.

Berdasarkan hasil perhitungan sementara,  tingkat partisipasi masyarakat kota balikpapan di pilgub kaltim 2018 mencapai 65,3 persen dari jumlah formulir pemilih tetap yang telah di scan sebanyak 1000 form C dari 1.363 form yang diterbitkan. Sedangkan untuk tingkat partisipasi masyarakat kota balikpapan pada Pilgub Kaltim 2013 hanya adalah 56 persen.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, kenaikan 10 persen untuk tingkat partisipasi ini memang jauh dari target yang ditetapkan KPU (77,5 persen). “Kenaikan ini kemungkinan besar akibat meningkatnya kesadaran warga kota untuk menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Menurut Thoha, jumlah masyarakat golput alias tida menggunakan hak suaranya pada Pilgub Kaltim 2018 ini tersebar merata di seluruh kecamatan. Target partisipasi masyarakat secara nasional adalah 77,5 persen. Khusus di Balikpapan juga mengikuti target tersebut dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 415 ribu jiwa. (hm)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.