Home » Gerbang Health » 456 Fasilitas Kesehatan Siap Layani Peserta JKN Kaltim

456 Fasilitas Kesehatan Siap Layani Peserta JKN Kaltim

kanujodoBALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyiapkan 456 fasilitas kesehatan di Kalimantan Timur bagi para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ratusan fasilitas kesehatan yang terdiri dari puskesmas, klinik, dokter umum dan rumah sakit itu tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Timur.

Kepala BPJS Kesehatan Kalimantan Timur, Totopar Tobing dalam temu media belum lama ini menjelaskan, fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan terdiri dari 224 puskemas, 51 rumah sakit—16 diantaranya rumah sakit pemerintah, klinik dan dokter umum.

“Sampai awal tahun ini, BPJS Kesehatan telah membayar klaim rata-rata perbulan p 10 miliar, naik lebih dari 80 persen dari bulan-bulan sebelumnya yang hanya sebesar Rp 1 miliar lebih,” ungkap Totopar Tobing.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Rini Retno Sukesi mengatakan Kalimantan Timur akan menambah rumah sakit pratama untuk melayani peserta JKN. “Ada 7 rumah sakit pratama sedang dibangun di berbagai daerah untuk mendukung program (JKN) ini,” jelasnya.

Untuk mendorong masyarakat mendaftar sebagai peserta JKN, pemerintah terus member kemudahan. Selain memperbanyak loket-loket pendaftaran serta meminimalkan syarat pendaftaran, kini peserta juga bebas memilih lokasi Puskesmas atau klinik rujukan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan, Supriyantoro dalam temu wartawan, pertengahan pekan lalu. “Pemerintah terus mempermudah prosedur bagi masyarakat, dengan tujuan agar seluruh rakyat mendaftar sebagai peserta JKN,” jelasnya.

Sebelumnya, para peserta JKN hanya dapat memeriksakan kesehatan di lokasi yang telah ditunjuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. “Namun mulai bulan April, peserta boleh memilih atau pindah ke Puskesmas dan klinik rujukan sesuai dengan domisili,” kata Supriyantoro.

Kemudahan dalam hal pendaftaran misalnya, kita bisa mendaftar di mana saja di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan pendaftaran bisa dilakukan melalui website kementrian kesehatan melalui alamat http://bpjs-kesehatan.go.id.

Minat peserta jaminan kesehatan nasional di Kalimantan Timur cukup tinggi. Jumlahnya mencapai 1,6 juta jiwa yang terdiri dari peserta asuransi pegawai negeri 1,38 juta jiwa, dan peserta JKN Mandiri sebanyak 31 ribu jiwa.

JKN Mandiri merupakan peserta perseorangan yang membayar premi antara 25 ribu sampai 59 ribu per jiwa. Premi iuran yang harus dibayar untuk kelas satu sebesar Rp 59.500 per jiwa per bulan, kelas dua Rp 42.500 per jiwa per bulan, dan kelas tiga Rp 25.500 per jiwa per bulan.

Bagi peserta mandiri, pendaftaran cukup membawa foto berwana 3×4, foto copy kartu keluarga (KK), dan KTP. Masyarakat bisa mendaftar di mana saja, tidak hanya di alamat sesuai kartu tanda penduduk.

Pendaftar selanjutnya akan memperoleh virtual account sebagai sarana membayar iuran di bank. Di Balikpapan, jumlah peserta JKN Mandiri berada di urutan teratas dengan jumlah 18.470 orang, disusul Tarakan sebanyak 10.447 warga dan Samarinda hanya 2.627 orang.(yok)

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.