Home » GerbangNews » 50 Putra Daerah Paser Ikuti Pelatihan Kerja

50 Putra Daerah Paser Ikuti Pelatihan Kerja

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Sebanyak 50 putra daerah atau warga lokal Kabupaten Paser mengikuti pelatihan ketenagakerjaan dari PT. BUMA. Mereka akan mengikuti pelatihan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama beberapa hari. Pelepasan puluhan calon tenaga kerja tersebut dilakukan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Senin (25/6).

Bupati Yusriansyah mengapresiasi pihak perusahaan yang telah mengakomodir calon tenaga kerja lokal. Dan yang mengejutkan dirinya yakni pelatihan dilakukan layaknya pelatihan militer.

“Saya terkejut juga, karena mereka diberlakukan pendidikan militer. Sudah digunduli, nanti di bogor pendidikannya militer juga. Ya saya apresiasi sekali,” ujar Yusriansyah

Mengakomodir warga lokal menurut Yusriansyah sesuai dengan harapan warga dan Pemerintah Daerah.

“Ini betul betul diharapkan apalagi mengakomodir warga lokal. Dengan pendidikan yang serius itu calon tenaga kerja dapat berdisiplin dalam bekerja di perusahaan,” kata Yusriansyah.

Yusriansyah berharap perusahaan lain juga melakukan hal yang sama seperti dilakukan PT.BUMA yakni lebih mengedepankan warga lokal dalam mencari tenaga kerja.

“Kita harapkan perusahaan lain juga demikian, mengutamakan putra daerah, supaya tingkat pengangguran di daerah kita bisa diatasi. Karena sementara ini dengan tingkat partum buhan ekonomi rendah, ini sangat diharap sekali dalam rangka meningkatkan perekonmian di Paser,” ujar Yusriansyah.

Manager PT. BUMA, Putra mengatakan, kelima puluh calon tenaga kerja tersebut merupakan warga setempat yang berada di desa-desa terdekat dengan wilayah operasi PT.BUMA.

“Mereka dari warga terdekat, ring 1 istilahnya,” ujar Putra.

Sebelumnya pihak perusahaan telah mengumumkan informasi pelatihan itu melalui desa-desa setempat. Prosedur dan persyaratan dilakukan layaknya penerimaan pelatihan calon tenaga kerja.

Putra mengatakan sejauh ini yang lebih diutamakan adalah warga terdekat. Apabila kebutuhan tenaga kerja meningkat di waktu lain, bukan tidak mungkin kesempatan pelatihan diberikan kepada warga desa lainnya.

“Sesuai dengan kebutuhan. Sementara ini kita prioritaskan yang terdekat. Nanti bisa jadi warga dari desa lain bisa mengikuti pelatihan ini,” ujar Putra.

Kelima puluh warga desa lokal itu mengikuti pelatihan basic operator yang dilaksanakan PT.Buma. Setelah dilatih, mereka akan terjun ke dunia kerja setelah dipastikan matang dan memiliki kemampuan dari hasil pelatihan tersebut.(Jya)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.