Home » GerbangNews » Gaun 17 Motif Sarung Samarinda Pecahkan Rekor

Gaun 17 Motif Sarung Samarinda Pecahkan Rekor

Samarinda, GERBANGKALTIM.com,— Peragaan busana bermotif sarung Samarinda di gedung GOR Segiri Samarinda dalam rangka memeriahkan hari Jadi kota Samarinda ke 347 dan Pemkot ke 55, Sabtu (24/01), mampu mencuri perhatian tiga ribu lebih pasang mata. Pasalnya 10 model anak-anak usia dini yang memperagakan busana tadi dinobatkan sebagai  Fashion dengan memanfaatkan  motif terbanyak dengan menggunakan bahan dari Sarung Samarinda.

Sedikitnya ada 17 motif yang terpapang pada gaun sang model tersebut. Al hasil, Museum Rekor Indonesia (MURI) pun memberikan rekor kepada gaun 17 motif tadi karena dianggap belum pernah dilakukan sebelumnya oleh daerah lain.

Ternyata dibalik prestasi tadi, ada peran Hj Sri Lestari sebagai pemrakarsa gaun bermotif sarung hingga berhasil memecahkan rekor Muri.  Saat ditemui media ini kemarin, Istri Wakil Wali Kota Samarinda  H Nusyirwan Ismail ini masih tak menyangka kalau ide menyematkan bahan sarung dengan 17 motif  akhirnya bisa meraih penghargaan.

”Sebenarnya dari awal kami memang optimis kalau aksi ini bisa memecahkan rekor MURI, karena didasari dari bahan sarung Samarinda itu sendiri yang memang merupakan produk lokal dimana cuma satu-satunya ada di kota Samarinda dengan motif dan corak tertentu,” kata Wakil Ketua TP PKK Samarinda ini.

Atas dasar itu, maka timnya menuangkannya melalui rancangan gaun maupun kemeja formal dengan menyematkan 17 motif dalam satu gaun sebagai keterwakilan dari berbagai jenis maupun corak dari Sarung Samarinda itu sendiri.

”Harus diakui ide ini memang ide yang luar biasa, jadi sudah seharusnya diapresiasikan melalui penghargaan MURI. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada para desainer maupun para model yang telah membantu dan mendukung menuangkan ide ini hingga menoreh hasil yang memuaskan,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga menjelaskan, kenapa pihaknya sengaja melibatkan anak-anak TK maupun PAUD untuk menjadi model dalam peragaan busana kali itu. Karena alasanya, tak lain ingin lebih mengenalkan produk lokal kepada anak-anak usia dini bahwa produk lokal Samarinda juga tak kalah menarik dengan produk yang ada di luar daerah seperti Jogja maupun Solo, bahkan timpalnya Samarinda siap bersaing untuk itu.

”Apalagi bahan kemeja yang terbuat dari Sarung Samarinda ini lagi booming-boomingnya di kota kita, jadi sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk terus mempromosikan dan memperkenalkan kepada masyarakat umum,” tuturnya.

Sehingga dengan bertumbuhnya produk lokal tersebut setidaknya bisa menjadi brand yang pada akhirnya dapat menaikan income bagi para pengrajin di kota tepian.”Selain dari hasil ini kita berharap bisa menjadi kado indah bagi Samarinda dan Pemerintah  dalam memperingati hari jadinya,” tuturnya mengakhiri.****

Keterangan Foto1 :Hj Sri Lestari saat menerima penghargaan dari MURI. Foto2: Wali Kota Samarinda H Syaharie Jaang didampingi Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Samarinda dan juga Kadisbudparkominfo M Faisal bersama para model.
Sumber: Humas Pemkot Samarinda

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.