Home » GerbangNews » 72 Kades Paser Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

72 Kades Paser Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Sebanyak 72 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Paser, mengikuti bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas, di Tanah Grogot, Rabu (13/9). 

 

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Paser Mardikansyah, Sekretaris Daerah Aji Sayid Fathur Rahman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Katsul Wijaya, dan sejumlah camat di daerah itu.

 

“Ada 72 kades yang ikut bimtek peningkatan kapasitas, 71 diantaranya kades yang baru diantik,” kata Sekretaris DPMD Paser Jarkawi.

 

Jarkawi mengatakan, bimtek peningkatan kapasitas harus diberikan kepada kades yang baru dilantik, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 82 Tahun 2015.

 

“Ketentuan dalam Permendagri Nomor 82, yakni pada pasal 6, bahwa kades yang baru dilantik harus diberikan bimtek peningkatan kapasitas,” kata Jarkawi.

 

Adapun materi dalam bimtek itu lanjut Jarkawi yakni perundang-undangan dan aturan terkait tugas kades sebagai kepala pemerintahan desa.

 

“Selain peraturan tentang pemerintahan desa, materi bimtek itu juga terkait pertanahan, keuangan, gaya kepemimpinan leadersihip dan motivasi,” ujar Jarkawi.

 

Sedangkan pemateri bimtek peningkatan kapasitas kades itu yakni dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Kejaksaan Negeri Paser, Inspektorat, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

 

“Sekretaris Daerah Paser Aji Sayid Fathur Rahman juga memberikan materi dalam bimtek ini,” ujar Jarkawi.

 

Menurut Sekretaris Daerah Paser Aji Sayid Fathur Rahman, bimtek yang digelar itu penting dilakukan mengingat karena dari 71 kades yang baru dilantik kebanyakan mereka adalah kades baru.

 

“Karena dari mereka banyak kades yang baru menjabat, sehingga penting untuk mengikuti bimtek,” kata Fathur Rahman.

 

Kades kata Fathur Rahman merupakan ujung tombak dalam mewujudkan pembangunan yang merata, membangun daerah dari pinggiran.

 

“Bimtek peningkatan kapasitas ini sesuai dengan  nawacita ketiga Presiden Joko Widodo yakni membangun indonesia dari pinggiran, sehingga kapasitas kades harus terasah dan handal dalam membangun desa,” pungkas Fathur Rahman.(Jya)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *