Home » 756 Peserta Ikuti MTQ se-Kutim

756 Peserta Ikuti MTQ se-Kutim

SANGATTA, Hajatan tahunan syiar Islam yang diselenggarakan Lembaga Pemberdayaan Taman Quran (LPTQ) Kabupaten Kutai Timur digulirkan 10-15 April di Kecamatan Muara Wahau, tepatnya di lapangan sepak bola Muara Wahau.

Sedikitnya ada 756 orang peserta dari 18 kecamatan siap adu kepintaran dalam lomba tilawah, hibjid Quran, tafsir, cerdas cermat, syahril Quran,  dan kaligrafi.  Tiap kecamatan diminta untuk mewakilkan qari dan qariah terbaiknya sebanyak 42 orang untuk tampil unjuk kepintaran dalam Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VI di Muara Wahau.

Panitia MTQ Abdul Muis yang juga kepala Kantor Departemen Agama Kutim mengatakan, tiap kafilah dijatah untuk menurunkan sebanyak 55 orang selama pertandingan perlangsung.   Masing-masing 42 orang qari dan qariah, dan 13 orang termasuk pimpinan, ofisial dan pelatih. Tidak menutup kemungkinan jumlah kontingen  dari tiap kecamatan bakal bertambah. Siapa tahu para orangtua peserta ikut juga ke sana. Bila ini terjadi otomotis biaya bertambah. Tapi soal bertambahnya peserta dari kontingen, menurut Abdul Muis tidak mennjadi masalah. Pasalnya, soal tempat tinggal selama pertandingan berlangsung pihak terkait telah menghubungi panitia di sana. “Kadang kontingen sudah menghubungi keluarga di sana.  Soal akomodasi tempat tinggal saya kira tidak ada masalah,” terang Abdul Muis.

Dikatakan, tanggal 8 April kafilah pada datangan di Muara Wahau, besoknya tanggal 9 April diadakan verifikasi peserta, pagi harinya dilakukan orientasi, pelantikan dewan hakim serta pawai taaruf. “Malamnya dilangsungkan pembukaan MTQ,” tukasnya.

Berkaitan dengan syiar Islam, kata Abdul Muis, MTQ  ke-32 tingkat provinsi sudah dijadwalkan berlangsung tanggal 8-15 Mei di stadion Sempaja Samarinda. Jadi mereka yang jawara tingkat Kutim akan terpilih mewakili daerah untuk adu kepintaran pada ajang bergengsi level tinggi. ***

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.