Home » GerbangNews » 77 Penghuni Rudenim Dipindahkan

77 Penghuni Rudenim Dipindahkan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Forum Komonikasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) Kota Balikpapan, mengelar rapat tertutup membahas keberadaan ratusan imigran yang ada di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim).

Langkah ini diambil setelah para penghuni melakukan aksi kerusuhan beberapa waktu lalu. Hasil rapat memutuskan, sebanyak 77 orang imigran akan dipindahkan secara bertahap. Sedangkan sisanya akan dilakukan pembinaan.

Setelah melakukan sidak pasca kerusuhan di Rudenim, beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bersama DPRD dan Fokopimda yang melibatkan UNHCR dan International Organization for Migration (IOM).

Dalam pertemuan disepekati, dalam waktu dekat ini 77 imgiran akan dipindahkan ke Rudenim yang memiliki community house yang berada di Makasar, Jakarta, Tanjung Pinang dan Batam, termasuk jika ada negara ketiga menjadi tempat tujuan imigran ini yang bersedia menerima mereka.

Sedangkan sebagian imigran yang masih bertahan akan diusahakan diberikan bimbingan dengan melalui tokoh agama. Pasalnya, sebagian besar para imigran ini memiliki aliran Islam Siah yang bertentangan dengan aliran Islam warga setempat.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle mengatakan, kegiatan ini sebagai tindaklanjut sidak sebelumnya, pasca kerusuhan terjadi di Rudenim yang merusak fasilitas Negara. untuk itu, ada 77 orang yang akan dipindahkan, sedangkan sisanya akan dilakukan pembinaan. (hm)

Check Also

Manggar Jadi Perkebunan dan Beternak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Calon wakil gubernur (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Safaruddin memprediksi, kawasan Manggar, Balikpapan Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *