Home » Gerbang Health » ACC – Rumah Zakat Gelar Pengobatan Gratis
Deputi Chief Sales Officer ACC Azar Kumendong Ikut membantu memasangkan alat pemeriksaan tensi kepada warga Giri Rejo pada pemeriksaan kesehatan gratis (22/12).(rif-gk)

ACC – Rumah Zakat Gelar Pengobatan Gratis

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Astra Credit Companies (ACC) Group Astra, Balikpapan bersama Rumah Zakat menggelar pengobatan gratis di Jalan Giri Rejo, Kelurahan Manggar, berkaitan Hari Ibu pada hari ini, Selasa (22/12/2015).

Kegiatan pemeriksaan gratis dilaksanakan di Balai Desa Giri Rejo yang sudah ditetapkan sebagai daerah kampung berseri Astra. Tampak puluhan ibu-ibu maupun bapak-bapak serta anak-anak dan bayi ikut memanfaatkan aksi sosial dari ACC dan Rumah Zakat ini, yang dibuka secara resmi oleh Deputi Chief Sales Officer ACC Azar Kumendong.

“Kami memilih kampung berseri Astra di Giri Rejo ini karena kami melihat di kampung ini membutuhkan bantuan,  terutama dikaitkan hari Ibu. Harapannya acara ini membawa banyak manfaat kepada masyarakat  dan  bisa berkelanjutan ke depan sehingga bisa menjangkau lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Eza didampingi Pimpinan ACC Balikpapan Klik Wibowo.

Menurutnya, Astra group dalam program sosila kepada masyarakat memiliki empat pilar yakni pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan UMKM. Hingga tahun 2015 ini, Astra telah membina 16 Kampung berseri Astra yang tersebar di wilayah Jakarta, Kepulaun Seribu, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Surabaya, Bali, Balikpapan  dan Sulawesi Barat.

“Semua program dikaitkan ke empat pilar itu. Ini berkelanjutan  karena ada komitmen dari Astra untuk berkontribusi dukungan sosial masyarakat,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan itu dilibatkan sekitar empat dokter, empat paramedis, empat petugas depo obat, dan dua orang rekam medik.

Ketua Paguyuban kampung berseri Astra Muhammad Tadi mengaku bersyukur kegiatan ini digelar di wilayahnya sehingga sangat membantu warga melakukan pengecekan kesehatan. “ Tentu kami berharap ini bisa berlanjut lagi,” harapnya.

Sementara itu, Nursiyem (48)warga RT 25 Giri Rejo, mengaku sangat terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis di wilayahnya. “ Senang sekali, tadi saya diperiksa keluhan gatal-gatal,” ujarnya.

TENTANG ACC

Astra Credit Companies atau biasa di singkat dengan ACC adalah perusahaan pembiayaan mobil dan alat berat terbesar di Indonesia. ACC didirikan guna mendukung bisnis otomotif kelompok Astra. PT Astra Sedaya Finance, yang merupakan cikal bakal ACC berdiri pada 15 Juli 1982, dengan nama PT Rahardja Sedaya.

RUMAH ZAKAT

Rumah Zakat atau yang disingkat RZ  merupakan lembaga swadaya masyarakat  yang bergerak pada pengelolaan Zakat, Infaq dan Shodaqon (ZIS) serta wakaf.

RZ yang dulu bernama Dompet Sosial Ummul Quro (DSUQ) yang didirikan oleh  Abu Syauqi, salah satu tokoh dai muda Bandung, bersama beberapa rekan di kelompok pengajian Majlis Taklim Ummul Quro. Mereka sepakat membentuk lembaga sosial yang concern pada bantuan kemanusiaan. 2 Juli 1998.

DSUQ berubah nama menjadi Rumah Zakat Indonesia DSUQ seiring dengan turunnya SK Menteri Agama RI No. 157 pada tanggal 18 Maret 2003 yang mensertifikasi organisasi ini sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional.

 

RZ mengelola dana umat secara profesional dengan menitikberatkan program pendidikan, kesehatan,  pembinaan komunitas dan pemberdayaan ekonomi sebagai penyaluran program unggulan.

(rif-gk)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.