BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Sekolah MAN 1 Balikpapan akhirnya menjuarai kompetisi Young Innovation Project (YIP) yang digelar Pertamina Renfinery Unit V Balikpapan.

Final ajang kompetisi yang digelar di Kantor Besar Refinery Unit V Balikpapan. Tim MAN 1 Balikpapan tampil bersama tiga finalis lainnya, dengan karya ilmiah berjudul: Pengembangan dan pemanfaatan potensi biomassa secara efisien di lingkungan sekolah.

Tim MAN 1 bersama guru pendamping tampak sangat bahagia atas juara I yang diraihnya. Mereka berhak mendapat hadiah uang Rp26 juta. Hadiah ini terbagi dari Rp20 juta untuk merealisasikan hasil karya ilmiahnya, dan Rp6 juara sebagai dana pembinaan.

Sementara itu, finalis asal SMA Negeri 1 Balikpapan, SMA Negeri 2 Balikpapan, dan SMA Negeri 3 Balikpapan. Para finalis telah melalui tahapan seleksi sebelumnya pada tahun 2019 dengan peserta sebanyak 12 sekolah di Kota Balikpapan.

Sedangkan juara II lomba ini diraih tim dari SMK Kartika V-I Balikpapan dengan karya ilmiah berjudul: Alat pengganti genset sederhana portable dengan solar cell dan charger. Sebagai juara kedua, mereka mendapatkan hadiah Rp24 juta ( Rp20 juta dana realisasi dan 4 juta uang pembinaan).

Pada tahap final ini, peserta mempresentasikan ide dan gagasannya di hadapan juri yang berasal dari perwakilan Pertamina dan pihak akademisi dalam hal ini dosen ITK.

Pemenang wajib merealisasikan karya ilmiah dengan dana yang sudah diberikan dan Pertamina bekerjasama dengan Institut Teknologi Kalimantan akan melakukan monitoring dan evaluasi guna proyek dari masing-masing peserta dapat terlaksana secara optimal.

Young Innovation Project (YIP) ini merupakan kompetisi karya tulis ilmiah dengan fokus pada isu teknologi energi baru dan terbarukan. Pesertanya adalah pelajar SMA/SMK/MAN Kota Balikpapan yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi energi baru dan terbarukan pada tahun 2018 yang dikemas dalam kegiatan Eco Camp.

Kompetisi YIP adalah bentuk nyata dan komitmen Pertamina RU V peduli akan melimpahnya ide-ide segar yang ada di generasi muda. Program YIP adalah salah satu program CSR Pertamina RU V dalam bidang pendidikan.

Selain dari mengasah kemampuan berpikir para peserta, kegiatan ini juga mendukung dan memperkaya penelitian mengenai energi alternatif. Berangkat dari kondisi sumber daya alam yang semakin lama semakin terbatas, hal ini jelas berpengaruh pada terbatasnya sumber energi yang ada. Energi alternatif merupakan solusi jitu untuk menyeimbangkan kebutuhan energi yang ada.

Roberth Marchelino Verieza, Region Manager Comm, Rel & CSR menyatakan, mengatakan Pertamina sebagai perusahaan di bidang energi juga sangat concern terhadap energi alternatif atau yang biasa disebut energi baru terbarukan.

“Saat ini Pertamina pun telah mengembangkan energi selain fosil dan melalui ide-ide segar dari adik-adik SMA ini akan membiasakan mereka untuk berinovasi dan dapat mengaplikasikan keilmuannya untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya.(mh/gk)

sumber: Pertamina Renifery V Balikpapan

Share.
Leave A Reply