Home » GerbangNews » Ada Program Bantuan Kelompok Usaha Dinsos Paser Lho …

Ada Program Bantuan Kelompok Usaha Dinsos Paser Lho …

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com) Setidaknya ada 400 warga tidak mampu di Kabupaten Paser yang mendapatkan bantuan modal untuk berwirausaha. Pemerintah melalui program Kelompok Usaha Bersama atau KUBe, mencoba mengurangi angka kemiskinan dan mengangkat derajat mereka menjadi wirausaha yang mandiri.

Bertempat di Aula PKK Kabupaten Paser, Rabu (12/10), ke-400 warga tidak mampu itu secara simbolis mendapatkan bantuan usaha dalam bentuk KUBe.

Bupati Paser Yusriansyah memberikan bantuan tersebut secara simbolis kepada beberapa kelompok yang mendapatkan bantuan modal usaha tersebut.

“Saya harap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga masyarakat bisa berwirausaha secara mandiri dan mengembangkan usahanya,” kata Yusriansyah dalam sambutannya.

Yusriansyah juga sangat mengapreasi bantuan modal yang bersumber dari APBD Propinsi Kaltim tahun 2016 itu. Ia juga berharap kepada Dinas Sosial Kabupaten Paser untuk terus menjalin komunikasi yang intens dengan Dinas Sosial Propinsi Kaltim dan Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paser, Amiruddin Ahmad mengatakan dalam waktu dekat proses pencarian bantuan kepada 400 warga tidak mampu akan segera dilakukan.

“Saat ini ada 20 kelompok yang mendapatkan bantuan. Setiap kelompoknya ada 20 orang. Artinya ada 400 warga tidak mampu yang akan mendapatkan modal usaha. Dalam waktu dekat proses pencairannya akan dilakukan,” kata Amiruddin.

Setiap kelompok akan mendapatkan bantuan Rp.20 Juta. Proses pencairannya pun dilakuan dua tahap.

“Pencairan dilakukan dua tahap. Kalau tidak ada halangan pada awal November sudah bisa dicairkan ke masing-masing kelompok usaha,” kata Amiruddin.

Pencairan tahap kedua, lanjut Amiruddin, akan dilakukan setelah Dinsos Paser melakukan monitoring dan evaluasi terhadap modal yang sudah diberikan.

“Kalau dilihat usahanya sudah mulai berjalan dan sesuai dengan rancangan jenis usaha yang diajukan, kami akan segera cairkan sisanya,” kata Amiruddin.

Warga Paser yang tidak mampu juga bisa mendapatkan bantuan seperti ini. syaratnya adalah memiliki kelompok usaha dan ada jenis usahanya. Apabila sudah terbentuk, kelompok usaha bisa mengajukan bantuan ke Dinas Sosial Kabupaten Paser.(Jya)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.