Home » Akses Terbuka, Truk Sembako Lancar Tembus Kaltim

Akses Terbuka, Truk Sembako Lancar Tembus Kaltim

Akses Terbuka, Truk Sembako Lancar Tembus Kaltim

Balikpapan –

Truk truk angkutan sembako Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur, Sabtu (30/7) hari ini sudah mulai bergerak normal menuju tujuannya masing masing. Angkutan sembako ini sudah bisa mengalir kembali saat Pemerintah Balikpapan dan Pertamina membuka akses distribusi kendaraan berat di wilayahnya.

Pantauan wartawan, pengendara truk punya dua alternative jalan pintu keluar kota Balikpapan yaitu lewat jalan protocol dan jalan minyak. Keduanya merupakan jalan satu satunya menuju tujuan Samarinda ataupun Banjarmasin (Kalimantan Selatan).

Pengendara truk sudah diijinkan melewati sepanjang jalur jalan minyak yang merupakan jalur operasional PT Pertamina Unit Pengolahan V Balikpapan. Pertamina sudah membuka akses jalan minyak selama sebulan pada bulan Ramadhan nanti.

“Kami buka untuk kepentingan umum selama bulan Ramadhani,” kata Humas Pertamina Balikpapan, Fety.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendy juga sudah memberikan toleransi pada truk truk sembako sehingga diijinkan berjalan pada siang hari. Dia hanya meminta petugas kepolisian mengawal kendaraan truk selama berada di wilayah kota Balikpapan.

“Usai lebaran, akan kami berlakukan kembali larangan operasional truk truk pada siang hari di Balikpapan,” tegasnya.

Pertamina sudah 6 bulan terakhir menutup akses jalan minyak untuk jalur truk truk kapasitas 20 feet keatas. Ada perbaikan sebagian jalan yang longsor akibat terlalu sering dilintasi truk truk berdimensi besar.

Pertamina beralasan terdapat jalur pipa produksi BBM hasil produksi kilang kilang minyak. Terganggunya produksi BBM Balikpapan bisa mengancam pada suplai BBM untuk seluruh kawasan Indonesia Timur.

Adapun Pemerintah Balikpapan sejak 10 Agustus 2009 silam sudah melarang operasional truk truk besar pada jam jam tertentu. Regulasi tentang pengaturan khusus kendaraan alat berat, peti kemas dan sejenisnya mengatur tentang beban kendaraan di atas 40 feet dan di bawah 20 feet . Dimana untuk kendaraan di atas 40 feet (sekelas tronton) tidak boleh melintas pada pukul 06.30 Wita sampai dengan pukul 21.00 Wita.

Sehubungan masalah ini, Kantor Administrasi Pelabuhan Balikpapan mengeluhkan antrian truk sembako yang mencapai ratusan di wilayah kerjanya. Sebagian truk truk, menurutnya terpaksa masih termuat di dalam kapal karena tidak diijinkan bersandar di Pelabuhan Semayang.

Jelang bulan Ramadhan, Adpel Balikpapan meminta kebijakan masing masing pihak untuk membantu proses distribusi sembako. Tersendatnya distribusi sembako dikhawatirkan berdampak pada kelangkaan bahan pangan di seluruh kota/kabupaten di Kalimantan Timur.

Apalagi jelang ramadhan terjadi peningkatan aktivitas bongkar muat dan penumpang di Pelabuhan Semayang.  Bila hari biasa hanya tiga kapal intensitasnya biasanya melonjak hingga 10 kapal tiap harinya.

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.