Home » GerbangNews » Alat Peraga Calon di Pasang Akhir Bulan Ini

Alat Peraga Calon di Pasang Akhir Bulan Ini

Balikpapan, GERBANGKELATIM.com— Pemasangan alat peraga kampanye (Algaka) calon akan dipasang oleh KPU Balikpapan apada akhir bulan ini. “ Insyaallah akhir bulan kita sudah pasang,” kata Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha.

Ia menjelaskan dalam aturan KPUD akan melakukan pemasangan baliho dengan ukuran 4 – 7 meter di lima titik untuk semua pasangan calon. Dan akan ada spanduk serta umbul-umbul ditiap kelirahan.

Menurut Thoha saat algaka dalam proses tender dan pembuatan. Apabila hal itu selesai maka di akhir bulan ini akan dipasang.

Selain itu, Panwaslu bersama Pol PP Jumat ini akan melakukan penertiban seluruh algaka calon walikota-wakil walikota yang tersebar di seluruh kota Balikpapan.

Pemasangan algaka dinilai telah menyalahi aturan kampanye, sebab dalam PKPU disebutkan pemasangan seluruh algaka dilaakukan oleh KPU termasuk penentuan lokasi pemasangan.

“ Itu domain Panwaslu dan Pol PP untuk penertiban algaka. Di PKPU 7 tahun 2015 ini pemasangan algaka memang kita semua yang siapkan dan atur. Diluar itu tidak boleh,” ujarnya, Minggu  (20/9/2015).

Terpisah Ketua Timses Heru-Sirajuddin, Syukri Wahid mempersilahkan Panwas, KPUD dan Pol PP menertibkan algaka pasangan calon apabila telah menyalahi aturan. “ Saya sebagai Ketua Timses mempersilahkan. Memang itu peraturan PKPU yang patut kita ikuti,” tandasnya.

Timses katanya sudah menyiapkan jauh-jauh hari konten dan design untuk spanduk-baliho, termasuk leaflet dan flyer. Nantinya ada 64 titik yang jadi lokasi pemasangan baliho dan spandung calon walikota-wakil walikota“ Itu dua perkelurahan berarti ada 64 baliho itu mau ditempatkan dimana titiknya. Itu kita tidak tahu. Nanti kpu yang buatkan titiknya, kerangka bahkan yang cetak dan pasang mereka. Kita siapkan conten dan designya saja,” jelasnya.

Jika KPUD sudah memasang algaka, maka tidak boleh ada lagi algaka selain yang dikeluarkan KPUD. “Termasuk stiker dan leaflet, flyer itu mereka yang buat dengan ukurannya. semua itu disediakan KPUD tapi yang menyebarkan kita,” tambahnya. (fey-Gk)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *