Home » GerbangNews » Antibiotik Penyebab Naiknya Harga Ayam

Antibiotik Penyebab Naiknya Harga Ayam

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Tingginya harga daging ayam broiler di pasaran Kota Balikpapan, menurut Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah Kerja Pulau Kalimantan, salah satu penyebab utama harga ayam menjadi melambung alias naik.

Melambungnya harga ayam itu, salah satunya menggunakan antibiotik untuk ayam broiler, demi kesehatan konsumen yang justru berpengaruh di kalangan peternak ayam. Lantaran , anggaran yang dikeluarkan jadi jauh lebih besar.

Selama ini, keberadaan pasokan ayam broiler memang sedang mahal di pasaran tradisional,  namun berbeda harga yang ada di pasar retail modern, jauh lebih murah.  Hal itu, disampaikan Abdul Hakim Pasaribu, selaku Kepala Kantor Perwakilan KPPU Kota Balikpapan disela acara berbuka puasa bersama KPPU dengan para awak media dan anak yatim.

Pihaknya menganalisis,  pengaruh mahalnya ayam broiler di pasar tradisional dikarenakan berlapis-lapisnya distribusi dan  berbeda dengan yang ada di pasar retail modern yang hanya melalui satu pintu.

Abdul Hakim menambahkan, belum lama ini KPPU Balikpapan secara berturut-turut melakukan tinjauan ke lapangan untuk melihat kondisi pasar ayam broiler dari produsen sampai pengecer dan memang terlihat kosong. Hal itu juga disebabkan aturan dari Menteri Kesehatan yang mengeluarkan larangan penggunaan antibiotik kepada ayam ternak broiler.

Setiap peternak dilarang keras menggunakan antibiotik untuk ayam broiler demi kesehatan konsumen. Hal itu justru berakibat berpengaruh di kalangan peternak ayam, karena  anggaran yang dikeluarkan jadi jauh lebih besar.

Yang diharapkan konsumen, harga ayam terjangkau dan ketersediaan atau stok sehari-harinya tercukupi. Sehingga masyarakat umumnya tidak kesulitan. Pemerintah daerah harus turun. (hm/sh)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.