Home » GerbangNews » AP Tingkatkan Kunjungan Wisman
CDD Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

AP Tingkatkan Kunjungan Wisman

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- PT Angkasa Pura (AP) I Balikpapan berupaya meningkatkan sekaligus menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara), meningkat atau naik antara 14-15 persen.

Saat ini jumlah penumpang melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, kurang lebih 7,4 juta. Dari jumlah itu, sekitar 9 persen atau 600 ribu merupakan wisatawan yang berkunjung ke Kaltim.

Salah satu upaya yang dilakukan PT AP I   untuk meningkatkan jumlah penumpang, adalah membuka akses penerbangan ke sejumlah daerah tujuan wisata, baik  regional Kalimantan maupun di luar Kalimantan.

Sedangkan kegiatan lainnya, melaksanakan Collaborative Destination Development (CDD) 2018 di Balikpapan yang bertema “Elevating East Borneo As Eco Tourism Destination” yang melibatkan seluruh unsur stokholder.

Aviation Marketing AP I Saugi Shahab, mengatakan CDD di Balikpapan ini dilaksanakan untuk yang ke 20 kalinya, karena sebelumnya sudah dilaksanakan PT AP I pada sebagian besar bandaranya.

GM AP I SAMS Balikpapan Handy Heryuditiawan, mengatakan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan memiliki kapasitas 10 juta penumpang dan baru terisi 7,3 hingga 7,4 juta penumpang. Ini menunjukan potensinya masih sangat besar untuk dikembangkan.

“PT AP I terus mendorong maskapai membuka rute baru, agar akses dan konektiviti bisa saling terhubung dengan destinasi wisata di Kaltim dan Kaltara. Sampai pertengahan tahun 2018 ini akan ada 26 rute baru di Bandara SAMS Balikpapan,” kata Gm AP I SAMS Balikpapan Handy Heryuditiawan.

Sementara itu,  diskusi CDD 2018 dihadiri staf ahli kemenangan pariwisata Judi Rifajantoro,  Kadis Pariwisata Kaltim Syafruddin Pernyata,  Ketua Asita Kaltim Sarifuddin Tangalindo  dan stakeholder serta undangan lainnya. (hm/sh)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *