Home » GerbangNews » Apel Nusantara Bersatu, Forum Pimpinan dan Masyarakat di Paser Komitmen Jaga NKRI

Apel Nusantara Bersatu, Forum Pimpinan dan Masyarakat di Paser Komitmen Jaga NKRI

Komando Distrik Militer menggelar Apel Nasional Nusantara Bersatu di halaman kantor Bupati Paser, Rabu (30/11).

Berbagai kegiatan dilaksanakan di acara tersebut, diantaranya melakukan orasi untuk menyerukan selalu bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Orasi-orasi itu dilakukan oleh Wakil Bupati Paser H M Mardikansyah, tokoh agama, tokoh masyarakat, para seniman serta berbagai elemen lainnya.

Tak ketinggalan atraksi silat yang diperagakan dari salah satu perguruan silat yang ada di Paser juga turut menghiasi acara tersebut. Ditambah dengan kehadiran Drumband, Band Musik sehingga membuat suasana menjadi semarak di acara itu.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya DPRD Paser, anggota TNI, Kepolisian, Kejaksaan, pejabat/pegawai lingkup Pemerintah Kabupaten Paser, para camat, organisasi kemasyarakatan, para siswa tingkat SLTA serta undangan lainnya.

Menurut Dandim 0904/TNG Letkol Arm Mulyadi ditemui usai acara mengatakan wilayah Kabupaten Paser hingga saat ini tetap aman dan kondusif.

“Mudah-mudahan Paser tetap aman dan kondusif seperti saat ini. Kepada masyarakat saya juga berpesan agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta hidup bertoleransi antar umat beragama,” kata Mulyadi.

Terkait kesenian tari, bela diri, dan penampilan musik dari pelajar yang ditampilkan pada apel nasional tersebut menurut Mulyadi, membuktikan bahwa Indonesia memiliki kekayaan seni dan budaya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Sebagai negara yg memiliki keanekaragaman budaya lanjut Mulyadi, semuanya itu telah bersatu dalam satu wadah dan bingkai NKRI.

“Pelajar sebagai generasi muda perlu melestarikan seni dan budaya bangsa sebagai kecintaan terhadap tanah air kita, terhadap Negara kesatuan Republik Indonesia,” kata Mulyadi.

Sementara Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan juga mengatakan Kabupaten Paser berasal dari beragam suku, agama dan budaya, perbedaan ini hendaknya dijadikan modal untuk sama-sama bekerja membangun dan menjaga situasi kamtibmas di Paser agar tetap kondusif.

Hendra juga menghimbau kepada masyarakat, terkait aksi damai yang akan dilakukan pada 2 Desember mendatang, sebaiknya dilakukan cukup di tingkat daerah saja.

“Kalau terkait penyampaian aspirasi tanggal 2 Desember nanti, sampai sekarang belum terdeteksi. Kalau toh ada, kita harapkan penyampaiannya cukup di Polres Paser saja, dan Insya Allah kita sampaikan ke Mabes Polri,” kata Hendra usai menghadiri acara Nusantara Bersatu. (Jya)

 

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.