Home » GerbangNews » ASN Balikpapan Sudah Berzakat

ASN Balikpapan Sudah Berzakat

Sekda Kota Balikpapan, Sayid MN Fadli

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Adanya wacana Kementrian Agama (Kemenag) Pusat tentang pemotongan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar 2,5 persen untuk zakat, menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Sayid MN Fadli, tidak mengejutkan. Pasalnya, ASN Balikpapan jauh sebelumnya sudah melakukannya.

“ASN di Balikpapan sudah melakukannya. Sehingga, jika nantinya diberlakukan, maka ASN Balikpapan tidak akan kaget lagi,” ujar Sayid Fadli kepada wartawan. Memang wacana pemotongan gaji ASN 2,5 persen untuk zakat tengah menjadi pembahasan pemerintah pusat. Namun hal itu tidak menjadi masalah buat Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

“Untuk Kota Balikpapan, ini (pemotongan gaji) dilakukan sesuai keinginan saja, tanpa adanya paksaan dari siapapun. Sehingga nantinya, jika memang diberlakukan di seluruh Indonesia, maka ASN di Balikpapan, rasanya sudah tidak kaget lagi,” tegas Fadli. Namun, tambahnya, hingga kini wacana tersebut masih dikaji pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya bisa mengikuti saja kedepannya.

Semenrara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Thohari Azis, mengatakan pemotongan zakat  penghasilan 2,5 persen  bagi anggota dprd balikpapan sudah merupakan kesepakatan, sehingga tidak ada permasalahan.

“Memang, selama ini badan pengelola zakat kurang mempublikasikan hasil pengumpulan  zakatnya kepada publik. Seharusnya, publik tahu anggaran yang dikumpulkan tersebut untuk kegiatan apa saja,” ujar Thohari, seakan mengkritik. Di Balikpapan, diketahui ada Badan Amil Zakat (BAZ) yang berkantor di kawasan Klandasan, belakang eks bioskop Gelora. (hm/sh)

Check Also

Bersyukur Pasangan Nomor 4 Teratas

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Aura “kemenangan” Rusmadi Wongso sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 mewarnai acara open house …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *