Home » Gerbang Business » Astindo Berikan Asuransi Calon Penumpang
Jajaran anggota Astindo Kaltim mengikuti sosialisasi.(foto: Fey-Gk)

Astindo Berikan Asuransi Calon Penumpang

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan calon penumpang angkutan udara, Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia bekerjasama dengan asuransi dunia usaha penerbangan CIU Insurance untuk kenyamanan penumpang. “Calon penumpang cukup membeli polis senilai Rp10 ribu segala gangguan perjalanan mendapat ganti rugi 100 persen dari asuransi,” ujar Ketua DPD Astindo Kaltim Akhmad Tauhid dijumpai di sela sosailisasi program gangguan perjalanan dan stop operasi maskapai di Balikpapan
Tauhid menjelaskan kerjasama kerjasama ini berangkat dari berbagai pengalaman buruk yang merugikan penumpang diantaranya pembatalan keberangkatan atau penundaan keberangkatan oleh maskapai. Karena itu, pihaknya bekerjasama dengan asuransi untuk mengakomodirnya hal tersebut.
Dengan adanya asuransi maka gangguan perjalanan dapat perlindungan diantaranya pembatalan keberangkatan oleh calon penumpang dengan alasan tertentu. “Misal anaknya sakit dan tidak memungkinkan untuk berangkat, tiket jelas hangus. Sepanjang bisa menunjukkan keterangan anak sakit calon penumpang bisa mengklaim dan mendapatkan kembali tiket yang hangus tadi,” seru pria kelahiran Sumenep 18 September 1965.
Keuntungan lain yakni barang bagasi rusak maupun kehilangan dapat ganti rugi maksimal senilai Rp4 juta, asuransi kecelakaan dan ganti rugi 100 persen seharga tiket yang dibeli jika maskapai stop operasi.
Selanjutnya, insiden misconnected. Umumnya terjadi untuk penerbangan lanjutan dan maskapai yang digunakan berbeda. “Misal ke Jakarta kemudian lanjut ke Medan, Balikpapan-Jakarta dengan maskapai A, Jakarta-Medan maskapai B. Saat perjalanan penerbangan pertama delay sehingga penumpang ketinggalan di penerbangan berikutnya otomatis kan beli tiket baru, tinggal tunjukkan boarding pass yang delay tadi, penumpang dapat ganti rugi pembelian tiket yang baru tadi,” rinci Tauhid.
Sementara itu, Marketing Manager Retail Division PT Citra International Underwriters (CIU) Ujang Kusnandi mengatakan program ini sudah disosialisasikan ke sejumlah daerah setelah adanya MoU dengan Astindo. Di antaranya Jogja, Semarang, Surabaya, Padang. Seluruhnya sudah menerapkan penjualan polis. “Responnya antusias,” ujarnya.
Di seluruh Indonesia jelasnya, rata-rata 100 ribu penumpang memanfaatkan penawarannya. Adapun tingkat klaim mencapai 50 persen. Delay dan misconnected merupakan kasus yang paling mendominasi. Pihaknya pun menjanjikan kemudahan klaim dengan durasi 7 hari kerja. (fey-Gk)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.