Home » GerbangNews » Bahagia dan Kecewa Hari Pertama Sekolah

Bahagia dan Kecewa Hari Pertama Sekolah

GERBANGKALTIM.COM. Balikpapan,- Hari Senin (17/7/2017) merupakan hari pertama sekolah bagi seluruh pelajar SD, SMP, SMA sederajat lainya di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), setelah liburan panjang bulan  Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pada hari pertama masuk sekolah ini, ada sebagian orangtua murid dan anaknya merasa bahagia, karena anaknya diterima di sekolah yang diinginkan atau difavoritkan. Tapi, tidak sedikit pula orangtua murid kecewa, karena putra-putrinya tidak lolos di sekolah yang diinginkan.

Salah satu contoh, sejumlah warga di lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Tiga Balikpapan Utara, menutup jalan akses masuk ke sekolah tersebut. Penutupan itu dilakukan karena anak-anak mereka tidak diterima di sekolah yang dekat dengan kediamannya. Untuk melampiaskan kekecewaan, sejumlah warga setempat nekat menutup jalan tersebut.

Di sisi lain warga setempat mengklaim, jalan yang biasanya digunakan sebagai jalan akses masuk kesekolahan merupakan milik warga. Namun anaknya tidak diterima di sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan rumah mereka.

Akses jalan masuk utama SMP Negeri Tiga itu dilakukan pada Selasa sekitar pukul 18.30 pekan lalu. Penutupan paksa ini dilakukan dengan cara memasang spanduk di depan jalan masuk sekolah. Sejumlah warga yang protes beranggapan, anak mereka bisa diterima melalui jalur Bina Lingkungan (BL).

Menurut warga, setidaknya terdapat tujuh anak yang bermukim di lingkungan sekolah yakni RT 24 dan RT 25 Kelurahan Gurinda Balikpapan Utara. Pihak sekolah beralasan jumlah kuota yang tidak memadai atau sudah melebihi kapasitas.

Sementara itu, sebagian orangtua murid lain yang mendaftarkan anak-anaknya di sekolah SMPN Tiga merasa bahagia, karena putra putrinya diterima di sekolah yang sebelumnya memang diinginkan. Diterimanya mereka, karena nilainya mencukupi atau sesuai dengan ketentuan sekolah tersebut.

 

Check Also

Polisi Turun ke Pasar, Inflasi Terjaga

CAPAIAN inflasi periode Lebaran 2017 atau Juni 2017 yang diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *