Home » Baksos TNI di Nunukan, Salah Satu Bentuk TNI Cinta Rakyat

Baksos TNI di Nunukan, Salah Satu Bentuk TNI Cinta Rakyat

baksos-tni-di-nunukanNUNUKAN, GERBANGKALTIM.COM,—Bupati Nunukan Drs H Basri saat mencanangkan baksos bersama Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjend Dicky Wainal Usman, mengatakan kegiatan bakti sosial (baksos) yang diwujudkan TNI merupakan salah satu bentuk rasa cintanya TNI kepada rakyat. Baksos dalam bentuk bidang kesenatan seperti operasi katarak, operasi bibir sumbing, sunatan massal dan pengobatan massal secara gratis dilaksanakan di wilayah Pulau Sebatik, Senin (28/10/2013).

“Bakti sosial kesehatan merupakan salah satu bentuk kecintaan TNI kepada masyarakat, dan menjadi satu bukti bahwa TNI selama ini menjadikan masyarakat sebagai bagian terpenting dalam rangka menjaga keutuhan NKRI. TNI senantiasa berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Bupati Basri dalam pembukaan bakti sosial.
Seluruh masyarakat Kabupaten Nunukan, sambung bupati, mari kita dukung parajurit TNI dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, dengan senantiasa berkontribusi secara aktif terhadap setiap kegiatan yang dilaksanakan TNI di wilayah kita masing-masing.
Menurutnya, kemitraan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat ini menjadi penting, karena sesungguhnya komitmen dan kebijakan pemerintah untuk memberikan prioritas yang lebih tinggi dalam pembangunan wilayah perbatasan telah mengalami reorientasi, yaitu dengan menyelaraskan orientasi keamanan (security approach) dan orientasi kesejahteraan/pembangunan (prosperity/development approach) secara simultan.
Dengan adanya reorientasi ini, penanganan pembangunan kawasan perbatasan dilakukan dengan melibatkan peran aktif seluruh pemangku kepentingan yang ada, baik TNI, POLRI, pemerintah dan masyarakat.
Dikatakan, dengan dasar pemikiran reorientasi saat ini menjadi nafas utama kebijakan pembangunan di Kabupaten Nunukan kedepan. Melalui Gerbang Emas (Gerakan Pembangunan Ekonomi Mandiri, Aman dan Sejahtera) kedepan, arah pembangunan yang dilaksanakan benar-benar mempertimbangkan aspek keamanan dan kesejahteraan yang seimbang.
Sementara itu, Pangdam Dicky Wainal Usman mengatakan, kegiatan bakti sosial kesehatan yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke 68 TNI sebagai salah satu upaya dan bentuk perhatian yang diberikan oleh prajurit TNI terhadap pentingnya kesehatan untuk mensejahterakan masyarakat  Kecamatan sebatik melalui peningkatan derajat kesehatan.
Pada sisi lain, kegiatan Bakti Sosial yang diselenggarakan ini juga dalam rangka menggugah dan membangun rasa empati dan rasa solidaritas serta kesetiakawanan sosial kepada sesama masyarakat yang kurang beruntung, terutama yang berada di wilayah perbatasan dan sekitarnya.
Sehingga kegiatan ini cukup mendapat dukungan dan antusias  dari masyarakat sebagai pihak penerima  bantuan kesehatan. Ini dapat dilihat dari target yang direncanakan yaitu 1.700 orang, terdiri dari operasi katarak 150 orang,  KB Kesehatan 250 orang, pengobatan umum 850 orang, pengobatan gigi 150 orang, khitanan massal 100 orang dan pemeriksaan golongan darah 200 orang.
Selain itu kegiatan Bakti Sosial tersebut diselenggarakan untuk membantu pemda dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memelihara Kemanunggalan TNI-Rakyat, melalui kegiatan pengobatan dan pelayanan kepada masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan, karena masalah kesehatan adalah tanggungjawab bersama. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak. Bukan hanya TNI, akan tetapi seluruh unsur-unsur yang terkait, khususnya di wilayah perbatasan. (sur/humas)

Keterangan Foto : Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman dan Bupati Nunukan Drs H Basri canangkan bakti sosial di Pulau Sebatik. (thamrin/humas protokol Pemkab Nunukan)

 

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.