Home » Info Today » Balikpapan Bangun Kampung PHK

Balikpapan Bangun Kampung PHK

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—DPRD Kota bersama Pemerintah kota tengah mempersiapkan pembangunan kampung PHK. Kampong ini akan dijadikan lokasi pelatihan dan peningkatan kemampuan tenega kerja korban PHK yang terjadi pada tahun 2015 ini.

“ Kita minta Disnakersos buatkan konsep. Sepecan kita tunggu konsep kampong PHK ini dan tahu kira-kira berapa bugjetnya ,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD kota Ida Prahastuty, Jumat (9/10).

Ida menjelaskan Kampung PHK ini membutuhkan lahan minimal 2-3 hektar. Nantinya akan dilengkapi workshop guna menunjang peningkatan kemampuan pekerja yang terkena imbas.

“ Kami akan bangun kampong PHK konsep workshop untuk pelatihan-pelatihan alih profesi, wirausaha. Jadi ada kayak pembuatan batako, vaving, peternakan lele, agribisnis, dan sebagaimana. Itukita siapkan untuk 2016,” jelasnya.

Ditanya soal keberadaan BLK selama ini, Ida menilai hal itu dapat disinergikan dengan kampong PHK ini. Dia berpendapat hal itu tidak mengganggu BLK yang sudah ada tapi justru saling bersinergi.

“ Tentu kita ingin punya tenega kerja berserfikasi kemudian punya keahlian-keahlian siap berkompetisi. Kita ingin punya wirausaha-wirausaha baru alih profesi ya itu kampong PHK,” tandasnya.

Dengan program ini, nantinya aka nada anggaran yang perlu disusun dan disiapkan realisasi kampong PHK ini. “ sepanjang ini untuk kegiatan masyarakat dan punya dampak positif bagi kota kami di Komisi IV DPRD rasa naïf kalau tidak mendukung ini,” ucapnya.

Leader dari kampong PHK akan berada di disnakersos. Apalagi saat ini UU pemerintah daerah fungsi tugas dinaskersos kota/kabupaten sebagian dialihkan ke provinsi sehingga beban tugas disnakersos kota berkurang .

PHK yang terjadi sekarang ini hendaknya tetap disikapi oleh optimis bahwa kondisi ekonomi akan membaik dan harus disikapi pula langkah nyata.(rif-Gk)

Check Also

Manggar Jadi Perkebunan dan Beternak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Calon wakil gubernur (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Safaruddin memprediksi, kawasan Manggar, Balikpapan Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *