Home » Gerbang Business » Balikpapan Kembangkan Sapi Unggul
Salah satu peternakan sapi yang dikelola masyarakat di kawasan Gunung Binjai, Balikpapan Timur. (foto Rif-gk)

Balikpapan Kembangkan Sapi Unggul

Balikpapan-GERBANGKALTIM.com,— Dinas Pertanian Keluatan dan Perikanan Kota Balikpapan tengah mengadakan survey bibit pengembangan sapi unggul di Balikpapan Timur dan Utara. DPKP juga sedang menyiapkan lahan pengembangan bibit sapi seluas 20 -50 hektar dengan alokasikan anggaran Rp25 miliar.

” Kita lagi usulkan itu untuk pengadaan lahan seluas 50 hektar sebesar Rp25 miliar,” ujar Kepala DPKP Yosmianto (4/3).

Selama ini kota Balikpapan hanya melakukan penggemukan sapi jelang Tahun Kurban atau saat Idul Adha yang bibitnya dari daerah penghasil seperti Sulawesi, NTB dan Bali.

Saat ini Balikpapan masih ketergantungan pasokan dari daerah itu padahal di daerah produsesn juga tengah mengalami penurunan.

“ Disana juga lagi berkurang pasokan sapinya. Kita sekarang lagi coba kembangkan bibit sapi. Kalau survey layak kita akan kembangkan pembibitan sapi melalui suntik buatan. Tapi kan kita harus siapkan lahan dan di tataruang sudah ada,”jelasnya.

Dalam RTRW kota, sudah ditetapkan kawasan usaha pertenakan kota (Kunak) yang berlokasi di Balikpapan Timur. Di daerah itu, peternak sapi yang sudah berjalan dan masuk dalam Kunak.

” Kunak yang dikelola masyarakat memiliki lahan 100 hektar yang tersebar di Utara dan Timur Balikpapan. Tapi bukan hanya sapi yang sudah jalan ini, ada kambing juga peternakan lainnya,” tuturnya.

Nantinya, DPKP juga akan mengembangkan pola pakan ternak sapi yang lebih memberikan hasil penggumukan lebih cepat. ” Kita ada sistem suntik untuk pengembangan sapi. pakannya juga kita olah gunakan fermentasi sehingga sapi cepat gemuk. selama ini gunakan arit saja untuk rumput secara tradisional,” pungkasnya.(rif-gk)

 

 

 

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.