Home » Gerbang Business » Bandara » Bandara SAMS Dikepung Ratusan Orang
Pengunjukrasa menolak kedatangan tokoh di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Bandara SAMS Dikepung Ratusan Orang

Balikpapan, GERBANGKALTIM,- Ratusan orang kepung Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), menolak kedatangan seorang tokoh. Aksi ini berakhir ricuh. Sejumlah pengunjukrasa dan aparat kepolisian terluka.

Pejgunjukrasa sebanyak 150 orang yang  menolak kedatangan seorang tokoh, melalukan aksinya di depan  pintu masuk bandara. Mereka menuntut agar tokoh tersebut tidak menginjakkan kakinya di Bumi Etam.

Aksi unjukrasa yang dilakukan di obyek vital nasional ini mendapat hadangan dari aparat kepolisian. Negosiasi buntu,  pengunjukrasa mengamuk dengan membakar ban. Polisi terpaksa menghalau pengunjukrasa dengan water canon dan gas air mata. Dalam aksi ini  beberapa pengunjukrasa terluka dan memerlukan perawatan, termasuk juga anggota kepolisian.

Direktur Operasi PT AP I, Wendo Asrul Rose mengatakan, kegiatan ini merupakan latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke-96 yang dilaksanakan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan  yang salah satunya adalah Securty Execersise yang masuk dalam Komite Securty Program.

Diantaranya, airport securty program, dimana dalam keadaan aksi unjukrasa ada standar penanganannya. “Kegiatan ini dalam rangka mengetahui sejauh mana fungsi koordinasi bisa berjalan dengan baik antara Bandara SAMS dengan stokholder lainnya.

Selain pengepungan menolak salah seorang tokoh, pelatihan huru hara juga dipraktikkan ke Perkantoran PT Angkaspura I Cabang Bandara SAMS. Di sini, kantor terbakar, puluhan karyawan yang sedang bekerja terjebak dalam kepungan asap dan sebagian ada yang terluka.

Asap dengan cepat memenuhi ruangan kantor dan puluhan karyawan yang ada di ruangan terjebak dalam asap. Akibat panik, para karyawan berlarian keluar ruangan, namun ada beberapa karyawan yang terluka dan pingsan. Diantara mereka ada yang tidak bisa menyelamatkan diri.

Tim penanggungan keadaan darurat bandara bergerak cepat. Sejumlah mobil PMK diluncurkan ke lokasi kejadian. Petugas langsung memasang alat penghisap asap. Sebagian lainnya melakukan pertolongan terhadap para korban. Sementara itu, Tim Basarnas berupaya menyelamatkan korban yang terkurung di lantai dua bangunan. (hm)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.