Home » GerbangNews » Bangunan SDN 012 Komam Tidak Layak 

Bangunan SDN 012 Komam Tidak Layak 

Tana Paser (GERBANGKALTIM.com) Kunjungan Camat Muara Komam Kabupaten Paser, Abdul Rasyid ke SDN 012 di Desa Swan Slotung, Jum’at (26/1), dihadapkan pada persoalan klasik.

Tiga dari tujuh ruang kelas di sekolah tersebut dinilai sudah tidak layak pakai. Beberapa plafon ruang kelas rusak dan jendelanya tanpa kaca. Di salah satu ruang kelas terdapat genteng yang bolong, sehingga kita bisa melihat cahaya matahari masuk pada tengah hari. Informasi yang diterima, bangunan sekolah itu dibangun sejak tahun ‘90an.

Didampingi beberapa stafnya, kunjungan Camat Muara Komam Abdul Rasyid ke sekolah tersebut disambut keluh kesah Supana, Kepala SDN 012.

“Saat kunjungan kami ke SDN 012 di Desa Swan Slotung, bapak Supana mengeluhkan beberapa bangunan sekolah yang rusak. Keluhan itu akan kami sampaikan ke instansi terkait,” kata Rasyid.

Rasyid mengatkan, pihak sekolah menginginkan adanya perbaikan ruang kelas sehingga siswa bisa belajar dengan nyaman.

“Kepala juga sekolah mengusulkan perbaikan beberapa ruang kelas yang sudah tidak layak untuk diapakai,” kata Rasyid.

Jarak sekolah yang sangat jauh, berkisar 50 Kilometer dari ibu kota kecamatan, tidak memungkinkan para guru untuk pulang-pergi mengajar dari rumah mereka, sehingga perlu adanya mess atau rumah dinas bagi para guru.

Belum lagi ditambah kondisi jalan yang rusak. Waktu tempuh Desa Swan Slotung ke ibu kota kecamatan bisa memakan waktu 3-4 jam.

“Sekolah mengusulkan mess atau rumah dinas bagi para guru. Semua usulan ini akan kami sampaikan ke Pemerintah Daerah,” ujar Rasyid.

Dari sekelumit persoalan infrastruktur sekolah, kondisi jalan rusak, jarak tempuh yang sangat jauh, terdapat semangat para pendidik di SDN 012, membuat Rasyid bangga dengan semangat para guru dalam mendidik.

“Meski bangunan rusak dan tidak layak dipakai, tetapi semangat para guru sangat membuat kami bangga,” tutur Rasyid.(Jya)

 

Check Also

Manggar Jadi Perkebunan dan Beternak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Calon wakil gubernur (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Safaruddin memprediksi, kawasan Manggar, Balikpapan Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *