Home » GerbangEducations » Baznas dan PKK Balikpapan Bimbing 68 Anjal di Pesantren
Para santri sedang berfoto bersama pengurus BAZ Balikpapan dan PKK Balikpapan.(foto: mh/gk)

Baznas dan PKK Balikpapan Bimbing 68 Anjal di Pesantren

GERBANGKALTIM.COM, Balikpapan,- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), membimbing 68 anak jalanan (anjal) yang keseluruhannya dalam kondisi tidak/putus sekolah.

Sebanyak 68 anak putus sekolah yang tercatat dari 36 kelurahan se Kota Balikpapan ini, mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan selama dua hari yang digelar PKK bekerjasama dengan Baznas Kota Balikpapan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pesantren Ramadan, agar puluhan anak putus sekolah tidak kembali lagi beraktivitas di jalanan, namun memiliki pendidikan dan keterampilan.

Jalinan kerja sama diharapkan terus berkelanjutan, namun pembinaan ini diawali dengan Pesantren Ramadan bersama 68 anak putus sekolah dari seluruh kelurahan se Kota Balikpapan.

Program pembinaan anak-anak putus sekolah ini pertama kalinya dilaksanakan PKK bekerjasama dengan Baznas Balikpapan. Tujuannya, membimbing anak putus sekolah agar mereka mandiri, memperoleh hak pendidikannya dan bermanfaat bagi orang lain. Sasaran lainnya, anak-anak putus sekolah ini diharapkan tidak kembali beraktivitas di jalanan, tapi mereka mendapatkan pendidikannya dan keterampilan.

Dalam pendidikannya, mereka diberikan jenjang pendidikan informal paket A, B, dan C. Sedangkan keterampilan juga diberikan sesuai hobinya, agar nantinya bisa mandiri secara ekonomi dari bekal keterampilan yang dimiliki nantinya.

“Tujuan kegiatan ini, agar anak-anak putus sekolah tidak kembali beraktivitas di jalanan, namun memiliki pendidikannya dan keterampilan,” ujar Ketua PKK Balikpapan, Arita Rizal Effendi.

Sementara itu, Ketua Baznas Balikpapan, Sarjono mengatakan, kegiatan pembinaan kepada anak yang tidak mampu ini menjadi program pertama dan berkelanjutan agar mereka mendapatkan bekal untuk hidup mandiri.

“Dalam kegiatan ini, masing-masing kelurahan ada 2 anak yang diikutsertakan, sehingga merata dalam pembinaannya,” ujar Sarjono seraya menerangkan bahwa puluhan anak binaannya ini tidak hanya mendapatkan ilmu dan pendidikan saja, tapi juga ada bingkisan lainnya yang diberikan seperti beras, perlengkapan shalat dan lainnya.(mh)

Check Also

Diduga Mesum Pasangan Remaja Diamankan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sejumnlah pasangan remaja yang diduga melakukan perbuatan asusila diamankan petugas Polsek Balikpapan, Kalimantan ...

One comment

  1. terimakasih ibu&bpk semua yang telah memberikan pendidikan dan pengetahuan ke pada saya dan semua yang telah mengikuti acara pesantren ramadhan
    Edy saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *