Home » GerbangNews » Beberapa Masjid Sembelih Kurban di Hari Sabtu

Beberapa Masjid Sembelih Kurban di Hari Sabtu

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah selalu ditandai dengan pemotongan hewan kurban setiap tahun. Namun untuk tahun 2017 ini, pemotongan hewan kurban di beberapa masjid di Tanah Grogot tidak dilakukan pada hari pertama Idul Adha. 

Hal itu dikarenakan Hari Raya Idul Adha atau yang biasa dikenal dengan hari raya kurban 1438 H/2017 jatuh pada hari Jum’at. Dimana umat Islam juga melaksanakan Shalat Jum’at pada siang hari.

Masjid Agung Nurul Fallah Tanah Grogot misalnya, pihak pengurus lebih memilih melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Sabtu (2/9).

“Hari Raya Idul Adha yang jatuh Hari Jum’at membuat kami memutuskan melakukan pemotongan hewan kurban pada esok (Sabtu),” kata Pengurus Masjid Agung Nurul Fallah Tanah Grogot, Sidik Said, Jum’at (1/9).

Waktu yang sempit menurut Sidik menjadi alasan pihaknya menunda pemotongan hewan kurban.

“Waktunya sempit. Belum lagi darah dari hewan kurban akan mengganggu kebersihan masjid sementara hari ini (Jum’at) akan dilaksanakan Shalat Jum’at,” ujar Sidik.

Masjid Agung Nurul Fallah sendiri akan memotong hewan kurban diantaranya enam ekor sapi dan delapan ekor kambing pada Idul Adha 1438 H ini.

Informasi yang diterima, selain masjid Agung Nurul Fallah, Masjid Syuhada, Masjid At-Taqwa dan Pondok Pesantren Bina Islam Tanah Grogot juga akan melakukan pemotongan hewan kurban pada Sabtu (2/9).

Sementara Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Paser Syarif Fuady Fauzy mengatakan, untuk pemotongan hewan kurban Masjid Syuhada Tanah Grogot, akan dilakukan di Rumah Potong Hewan di Desa Jone.

“Untuk penyembelihan kurban Masjid Syuhada Tanah Grogot, akan dilakukan di Rumah Potong Hewan di Desa Jone,” ujar Fuady.(Jya)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *