Home » Gerbang Business » Bandara » “Bercanda Bom” Diancam 15 Tahun Penjara

“Bercanda Bom” Diancam 15 Tahun Penjara

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,-

General Manager (Gm) PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Handy Heryudhitiawan, tidak henti mengingatkan penumpang yang berada di bandara untuk tidak melontarkan candaan terkait dengan bom. Akibat gurauan tidak lucu itu, terancam hukuman penjara 15 tahun.

Pasalnya, meski niatnya hanya candaan namun penumpang atau oknum bisa dikenakan pidana dengan UU Penerbangan pasal 437 ayat (1). Setiap orang menyampaikan informasi palsu yang membahayakan keselamatan penerbangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 344 huruf e dipidana dengan ancaman kurungan penjara paling lama 1 (satu) tahun.

Selain itu, jika candaan itu mengakibatkan penumpang lainya terluka,  maka pelaku akan diancam pidana 8 tahun penjara. Sementara, jika hal tersebut mengakibatkan matinya orang,  pelaku terancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.

General Manager Angkasa Pura I Balikpapan Handy Heryudhitiawan mengatakan, candaan tentang bom di kawasan bandara merupakan hal yang sensitive. Untuk itulah, pengunjung ataupun calon penumpang diminta untuk tidak melontarkan kata-kata tersebut.

“Calon penumpang menjaga ketertiban dan keamanan  agar tidak menimbulkan kepanikan,” saran Handy. Pihak Bandara SAMS juga sudah memberikan informasi dan sosialisasi kepada calon penumpang agar tidak melakukannya seperti di display dan beberapa spanduk yang dipasang di areal bandara. (hm/sh)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.